Kompas.com - 20/06/2016, 18:35 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kehadiran ponsel memang memudahkan hidup, namun juga bisa membawa masalah mental yang serius, seperti meningkatkan kecemasan, menjadi kurang produktif, bahkan membuat Anda terganggu saat ada pesan tertentu masuk, kata psikolog Larry D. Rosen, PhD, profesor psikologi di California State Universitas.

Rosen mengatakan, ada 4 tanda di mana ponsel sudah mulai membuat Anda lelah dan mulai mengganggu kinerja saraf, sehingga Anda perlu beristirahat sejenak.

 

Low Battery Anxiety (LBA) Syndrome

Sembilan puluh persen dari pengguna ponsel pernah mengalami sindrom kecemasan ini akibat baterai ponsel yang akan segera habis, menurut sebuah survei terbaru dari 2.000 pengguna smartphone di AS.

"LBA menyebabkan seseorang mengalami serangan panik," kata Rosen.

"Pikiran menjadi tidak realistis, Anda berpikir bahwa Anda akan kehilangan komunikasi saat ponsel mati, sehingga secara obsesif meminta orang asing untuk meminjamkan charger mereka. Bila sindrom ini kerap datang, tandanya Anda perlu rehat sejenak dari ponsel, sebab tingkat kecemasan Anda dapat menjadi tak terkendali.”

 

Phantom Vibration Syndrome

Anda kerap merasa getaran di saku Anda dan berpikir bahwa itu adalah getaran ponsel, padahal itu hanyalah “produk” dari imajinasi.

Menurut Rosen, perlahan tapi pasti, sindrom ini bisa mengambil alih fokus Anda. Penelitian terbaru menunjukkan, saat Anda sudah terlalu fokus pada pesan-pesan yang masuk di ponsel, semakin besar kemungkinan Anda mengalami sindrom ini.

 

Nomophobia

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.