Kompas.com - 01/07/2016, 21:35 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Masalah kulit ternyata bisa muncul di mana saja, termasuk area organ intim wanita. Sayangnya, masalah kulit ini di vagina ini kerap tak disadari wanita.

Seorang asisten profesor dermatologi di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, Angela Lamb mengungkapkan, ada beberapa masalah kulit yang bisa muncul di area organ intim wanita. Berikut lima masalah kulit di vagina seperti dikutip dari Prevention.com.

 

1. Eksim
Eksim merupakan masalah peradangan pada kulit. Adanya eksim pada vagina bisa menimbulkan rasa gatal, kemerahan, atau ruam.

Menurut Angela, eksim umumnya terkait dengan masalah autoimun. Namun, penyebabnya hingga kini belum diketahui pasti. Penggunaan sabun pembersih vagina hingga pelumas disebut dapat memperburuk eksim.

 

2. Lichen sclerosus
Masalah kulit ini terbilang langka. Lichen sclerosus ditandai dengan munculnya kulit berwarna putih maupun kemerahan di area vagina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angela mengatakan, masalah kulit ini biasanya mulai muncul pascamenopause. Penyebabnya juga belum diketahui pasti. Ada yang mengatakan terkait dengan sistem kekebalan tubuh dan gangguan hormon.

The American Cancer Society memperkirakan, sekitar 4 persen wanita yang memiliki lichen sclerisus juga terkena kanker vulva di kemudian hari.

 

3. Psoriasis
Kabar buruk, penyakit kulit psoriasis juga bisa muncul di vagina. Psoriasis merupakan masalah kulit berupa ruam, kemerahan, kering, dan bersisik.

Jenis psoriasis yang umumnya muncul di daerah kewanitaan, yaitu psoriasis inverse. Bagian lipatan paha juga sangat rentan mengalami psoriasis karena sering terjadi gesekan dari menggunakan celana dan terjadi iritasi.

 

4. Dermatitis Kontak
Hati-hati jika terlalu sering menggunakan sabun antiseptik maupun sabun wangi untuk membersihkan area vagina. Kebiasaan itu bisa memunculkan masalah dermatitis kontak.

Kulit bisa berwarna kemerahan, ruam, gatal-gatal, bahka kulit melepuh. Hindari bahan-bahan kimia untuk membersihkan area organ intim yang bisa memicu iritasi.

 

5. Vitiligo
Vitiligo bisa terlihat jelas di jika muncul di daerah tangan dan kaki. Namun, tentu tidak disadari jika muncul di vagina.

Vitiligo ditandai dengan munculnya bercak kulit putih karena sel-sel penghasil pigmen kulit rusak. Menurut beberapa ahli, vitiligo bisa disebabkan oleh masalah autoimun dan juga genetik.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X