Kompas.com - 12/07/2016, 08:43 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Seorang bayi berusia 14 bulan di Italia mengalami kekurangan gizi setelah orangtuanya memberikan anak tersebut pola makan vegetarian tanpa suplementasi yang layak.

Harian The Telegraph melaporkan, bayi laki-laki tersebut dibawa ke rumah sakit oleh kakek neneknya karena berat badannya tak beda jauh dengan bayi baru lahir. Dokter menemukan kadar kalsiumnya sangat rendah.

Karena kadar kalsiumnya sangat rendah, bayi itu menderita gangguan jantung bawaan sehingga dokter terpaksa melakukan operasi darurat.

"Tak ada masalah untuk memilih nutrisi berbeda, tetapi sejak lahir seharusnya bayi mendapatkan asupan nutrisi yang tepat, terutama kalsium dan zat besinya," kata Luca Bernardo, direktur pediatrik di rumah sakit Milan, tempat bayi itu dirawat.

Pemerintah Italia kini mengambil alih pengasuhan bayi itu. Di Italia, diperkirakan 2,8 persen populasi penduduk memiliki pola makan vegan. Dalam 18 bulan terakhir empat anak dirawat di rumah sakit akibat malnutrisi.

The Academy of Nutrition and Dietetics sebenarnya tidak melarang orangtua menerapkan pola makan vegetarian pada anaknya, asalkan anak mendapatkan suplementasi (pengganti) vitamin B12, vitamin D, kalsium, dan zat besi, yang biasanya didapatkan dari produk protein hewani seperti daging, susu, dan telur.

Meski demikian, orangtua yang ingin menerapkan pola makan vegetarian tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gizi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Foxnews

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.