Kompas.com - 21/07/2016, 07:35 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anak obesitas yang mengurangi konsumsi gula, ternyata menunjukkan perbaikan pada penanda penyakit jantung. Itu terjadi hanya dalam sembilan hari, kata studi Atherosclerosis.

Untuk studi tersebut, peneliti mengevaluasi 37 anak usia 9 sampai 18 yang obesitas dan berisiko tinggi penyakit jantung serta diabetes tipe 2. Anak-anak tersebut diberi makan dan minuman yang sama jumlah kalori, lemak, protein dan karbohidrat dengan pola makan sehari-hari mereka.

Satu-satunya perubahan adalah asupan gula. Peneliti mengganti makanan kaya gula seperti roti dan yoghurt manis dengan bagel serta pizza. Ternyata itu menurunkan asupan gula dari 28 persen menjadi 10 persen. Asupan fruktosa menurun 12 persen menjadi 4 persen dari kalori total.

Setelah sembilan hari, peneliti menemukan penurunan trigliserida 33 persen. Trigliserida adalah jenis lemak yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Mereka juga mengalami penurunan 49 persen protein yang disebut apoC-III yang berhubungan dengan kadar trigliserida tinggi. Juga terjadi pengurangan dramatis pada kolesterol LDL, salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Meskipun studi ini kecil dan jangka pendek, hal ini semakin menegaskan hasil riset sebelumnya bahwa gula adalah penyebab penyakit metabolik dan jantung.

"Kalori dari gula tidak seperti kalori karbohidrat yang lain," kata Dr Robert Lustig, salah peneliti studi tersebut dan profesor ilmu pediatri dari Benioff Children's Hospital, University of California, San Francisco.

"Tanpa mengubah karbohidrat total, atau lemak, atau protein, kita mampu mencapai perbaikan besar dalam menurunkan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.