Kompas.com - 11/08/2016, 15:11 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com"Dulu asumsi saya makan apa pun yang saya inginkan adalah cara mencintai diri sendiri. Ternyata itu adalah kesalahan besar. Kebiasaan itu membuat saya makan tanpa kontrol dan mengakibatkan kelebihan berat badan."

Itulah sepenggal pengalaman Mega Edyawati (20) saat bergelut dengan masalah berat badan berlebih. Belakangan, Mega berhasil menurunkan berat badan hingga 24 kilogram dalam waktu 12 minggu saja.

Apa rahasianya?

Sejak kecil berat badan Mega memang di atas rata-rata anak seusianya. Dia bahkan sering jadi bahan ledekan teman sebaya karena dianggap gemuk.

Sebenarnya, Mega tak menganggap gemuk sebagai hal negatif. Namun, dia juga berpendapat, mengapa harus bertubuh gemuk jika bisa memiliki tubuh ideal.

"Bukan hanya untuk penampilan, karena yang utama adalah untuk kesehatan. Ada pepatah mengatakan hidup cuma sekali dan nikmatilah," ucap mahasiswa jurusan marketing komunikasi ini seperti dikutip situs lighthouse-indonesia.com, Sabtu (23/1/2016).

Bak terlahir sebagai manusia baru, Mega berpikir untuk menikmati hidup dengan cara berbeda. Ia tak lagi menganggap kebahagiaan harus berasal dari pemenuhan hasrat makan.

Thinkstockphotos Menahan "lapar mata" sering kali sangat sulit dilakukan saat diet.

"Saya memutuskan untuk menikmati hidup dengan berusaha menjadi lebih sehat," kata Mega.

Tak mudah

Meski sudah punya niat demikian, hidup sehat ternyata tidak mudah.

Awalnya, Mega melakukan diet bedasarkan tips dari internet. Berat badannya memang sempat turun tapi kemudian kembali naik dalam kurun waktu singkat. Ia mengakui saat itu belum memiliki cukup kontrol diri.

Perjalanan Mega dengan berat badannya, dicermati pula oleh spesialis penurunan berat badan, Grace Judio. Ia mengamati orang dengan kelebihan berat badan cenderung bermasalah dengan pola pikir mereka.

"Kurang termotivasi dan orangnya bandel-bandel. Padahal mereka tahu rambu-rambunya agar berat badan turun," kata Grace seperti dikutip situs Tabloid Nova, Kamis (22/1/2015).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.