Kompas.com - 14/08/2016, 12:46 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tamu bulanan yang datang setiap bulan, kadang membuat wanita sebal karena itu berarti harus menyiapkan diri untuk menahan rasa sakit.

Ya, sakit adalah hal yang normal dialami saat periode menstruasi. Tapi, jika rasa sakit seperti membuat Anda mau pingsan atau Anda tarpaksa cuti, karena harus berganti pembalut setiap beberapa jam, mungkin itu pertanda ada yang salah di dalam tubuh Anda. Inilah kondisi abnormal menstruasi yang harus Anda waspadai dan dugaan penyebabnya.


Menstruasi tidak kunjung datang

Bisa menjadi tanda dari: Sindrom ovarium polikistik,  lemak tubuh terlalu sedikit, disfungsi tiroid, stress.

Penyebab paling umum tidak datangnya menstruasi adalah: kehamilan atau menopause. Tapi, jika Anda terlalu muda untuk menopause dan tidak mungkin hamil, ketidakhadiran menstruasi bisa menjadi pertanda adanya masalah dengan tiroid Anda.

Atau, ada  ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan kista tumbuh pada ovarium Anda, atau Anda hanya terlalu stres.

Kemungkinan penyebab lainnya adalah berat badan Anda terlalu rendah. "Seseorang yang kekurangan berat badan, salah satunya ditandai dengan kadar lemak yang sangat rendah, sangat mungkin kehilangan periode menstruasi," kata Rima Mehta, MD, direktur ginekologi di Rumah Sakit Pennsylvania.

"Wanita yang berprofesi sebagai atlet atau berlari tiga sampai lima mil sehari, kadang-kadang menjadi terlalu kurus dan ini akan menggangu periode haid yang normal. Rekomendasi saya kepada mereka adalah sederhana: Anda perlu lebih banyak makan," kata Mehta.

Konsultasi ke dokter jika: Anda tidak menstruasi selama tiga - enam bulan.


Nyeri berlebihan saat haid

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.