Kompas.com - 14/08/2016, 19:25 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com -Anemia merupakan kondisi menurunnya sel darah merah. Bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi, kehilangan darah, hingga gizi buruk. Wanita hamil rentan terkena masalah ini.

Ketika mengalami anemia, biasanya tubuh akan memunculkan gejala, meski kadang tak disadari. Gejala umumnya yaitu, kelelahan dan pusing. Namun, ada beberapa gejala lainnya yang sering diabaikan. Apa sajakah itu?

1. Kulit pucat

Waspadai anemia jika tiba-tiba kulit berubah menjadi pucat. Wajah atau kulit pucat menandakan tubuh kekurangan sel darah merah.

2. Nyeri Dada

Kondisi anemia bisa membuat jantung bekerja keras karena jumlah sel darah merah berkurang. Akibatnya, muncul nyeri di dada.

3. Detak jantung cepat

Tak hanya nyeri dada, detak jantung pun bisa menjadi lebih cepat ketika anemia. Jantung tidak cukup menerima aliran darah dan tertekan.

4. Hemoglobin rendah

Kadar hemoglobin rendah merupakan tanda terkena anemia yang bisa diketahui dengan pemeriksaan oleh dokter. Normalnya, kadar hemoglobin pada wanita, yaitu 12-16 gr/dl dan laki-laki 13,5-18 gr/dl.

5. Kuku rapuh

Gejala ini paling sering tak disadari orang yang memiliki anemia. Kuku menjadi rapuh, karena kekurangan zat besi. Cobalah lebih peka dengan munculnya masalah pada tubuh agar penyakit lebih cepat ditangani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.