Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2016, 19:25 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com -Anemia merupakan kondisi menurunnya sel darah merah. Bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi, kehilangan darah, hingga gizi buruk. Wanita hamil rentan terkena masalah ini.

Ketika mengalami anemia, biasanya tubuh akan memunculkan gejala, meski kadang tak disadari. Gejala umumnya yaitu, kelelahan dan pusing. Namun, ada beberapa gejala lainnya yang sering diabaikan. Apa sajakah itu?

1. Kulit pucat

Waspadai anemia jika tiba-tiba kulit berubah menjadi pucat. Wajah atau kulit pucat menandakan tubuh kekurangan sel darah merah.

2. Nyeri Dada

Kondisi anemia bisa membuat jantung bekerja keras karena jumlah sel darah merah berkurang. Akibatnya, muncul nyeri di dada.

3. Detak jantung cepat

Tak hanya nyeri dada, detak jantung pun bisa menjadi lebih cepat ketika anemia. Jantung tidak cukup menerima aliran darah dan tertekan.

4. Hemoglobin rendah

Kadar hemoglobin rendah merupakan tanda terkena anemia yang bisa diketahui dengan pemeriksaan oleh dokter. Normalnya, kadar hemoglobin pada wanita, yaitu 12-16 gr/dl dan laki-laki 13,5-18 gr/dl.

5. Kuku rapuh

Gejala ini paling sering tak disadari orang yang memiliki anemia. Kuku menjadi rapuh, karena kekurangan zat besi. Cobalah lebih peka dengan munculnya masalah pada tubuh agar penyakit lebih cepat ditangani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com