Kompas.com - 16/08/2016, 16:41 WIB
Berbagai jenis gula ShutterstockBerbagai jenis gula
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sebagai organ tubuh yang paling banyak mengonsumsi gula, otak ternyata tidak pasif menerima gula dari sirkulasi darah. Sebaliknya, otak justru sangat aktif mengambil gula.

Pemahaman baru yang disampaikan tim peneliti dari Jerman itu memupus apa yang orang kira selama ini.

Para peneliti mengungkap bahwa komponen kunci pada asupan gula adalah sel glial di pembatas otak dan darah, yang secara selektif memungkinkan kandungan tertentu dari darah masuk ke sel saraf.

Sel glial tersebut ternyata sangat dipengaruhi oleh insulin dan bertindak sebagai pengalih gula. Karenanya, sel ini juga secara langsung mengontrol sumber energi dan mencapai neuron di otak.

Hasil penelitian ini bukan cuma membuka ruang pemahaman yang lebih luas akan fungsi otak dan bagaimana kita merasa ingin makanan manis, tapi juga hal yang penting dalam terapi diabetes, obesitas, dan gangguan kesehatan lain terkait gula.

"Hasil ini bisa membantu menjelaskan mengapa selama ini sangat sulit untuk membuat obat yang efisien dan aman untuk diabetes dan obesitas," kata peneliti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.