Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2016, 21:03 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Diet yang terlalu “kaku” dapat menjerumuskan Anda dalam diet yoyo. Itu sebabnya, beberapa pelatih kebugaran merekomendasikan diet moderat 80/20 sebagai pilihan gaya hidup sehat sekaligus melangsingkan.

Cameron Diaz, Jessica Alba, Miranda Kerr, merupakan segelintir selebriti yang merasakan kepuasan ketika pelatih mereka merekomendasikan pola makan 80/20.

"Anda tidak bisa 100 persen melakukan diet atau pantang berbagai macam makanan sepanjang waktu, tetapi Anda dapat melakukannya 80 persen sepanjang waktu," papar Yumi Lee, pelatih kebugaran bersertifikat dan pemilik pusat kebugaran Crossfit Box.

“Misalnya, selama 5 hari diet, gunakan 1 hari untuk mencicipi 1-3 porsi makanan favorti paling berlemak. Dengan begitu, keinginan makan berlemak dapat terpenuhi tanpa mengacaukan keseluruhan diet sehat.”

Menurut Lee, ketika menerapkan pola 80/20, seseorang masih memiliki ruang untuk pergi ke ruang sosial dan menikmati makanan dalam acara tersebut. Sehingga, kebersamaan dengan kerabat dalam acara makan malam di akhir pekan tak akan “ternodai” oleh diet kaku yang dilakukan.

Supermodel Miranda Kerr juga menjelaskan, bagaimana 80/20 telah melakukan keajaiban bagi hubungannya dengan makanan.

Miranda mengatakan, "Makanan adalah teman saya, dan konsistensi adalah kuncinya. Saya percaya bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara moderat adalah yang terbaik."

Tips sederhana: habiskan 80 persen dari waktu Anda dalam seminggu untuk fokus pada makan yang bersih dan sehat, kemudian gunakan 20 persen dari waktu Anda untuk memanjakan lidah.

Hitungan sederhananya: bila Anda memutuskan untuk makan makanan sehat sebanyak tiga kali sehari selama 1 minggu, gunakan satu-tiga porsi dari mereka untuk menikmati makanan berlemak favorit!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com