Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2016, 12:45 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, kebiasaan membunyikan buku-buku jari tidak menyebabkan terkena arthritis, bengkak atau melemahnya cengkraman jari-jari tangan, seperti isi penelitian sebelumnya.

Justru, peneliti menemukan, kebiasaan tersebut dapat meningkatkan kemampuan gerak jari tangan, layaknya melakukan yoga bagi buku-buku jari Anda.

Dalam penelitian yang dipresentasikan dalam Radiological Society of North America, para peneliti mempelajari ultrasound dari 40 tangan responden dengan kebiasaan membunyikan buku jari.

Peneliti melihat dampak sebelum responden mulai membunyikan buku jari dan setelah membunyikan buku jari.

Lalu, peneliti juga membandingkannya dengan scan buku jari dari orang yang tidak pernah melakukan kebiasaan tersebut. Beberapa peserta membunyikan buku jari mereka hingga 20 kali per hari selama 40 tahun terakhir.

Hasilnya, membunyikan buku jari tidak menimbulkan masalah pada tangan. Tidak ada rasa sakit yang ditimbulkan segera, bengkak atau kecacatan jari dalam kelompok yang sering membunyikan buku jari.

Bahkan, ketika dibandingkan dengan orang yang tak pernah melakukan kebiasaan itu, tidak ada perbedaan langsung dalam kekuatan cengkeraman mereka. Bahkan, mereka memiliki berbagai peningkatan gerak atas buku-buku jari.

Walau begitu, peneliti menyadari bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menilai apakah kebiasaan yang dilakukan rutin dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek lain. Tapi sementara itu, sesekali melakukan kebiasaan ini, tak akan membahayakan kesehatan jari-jari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com