Kompas.com - 21/08/2016, 12:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, kebiasaan membunyikan buku-buku jari tidak menyebabkan terkena arthritis, bengkak atau melemahnya cengkraman jari-jari tangan, seperti isi penelitian sebelumnya.

Justru, peneliti menemukan, kebiasaan tersebut dapat meningkatkan kemampuan gerak jari tangan, layaknya melakukan yoga bagi buku-buku jari Anda.

Dalam penelitian yang dipresentasikan dalam Radiological Society of North America, para peneliti mempelajari ultrasound dari 40 tangan responden dengan kebiasaan membunyikan buku jari.

Peneliti melihat dampak sebelum responden mulai membunyikan buku jari dan setelah membunyikan buku jari.

Lalu, peneliti juga membandingkannya dengan scan buku jari dari orang yang tidak pernah melakukan kebiasaan tersebut. Beberapa peserta membunyikan buku jari mereka hingga 20 kali per hari selama 40 tahun terakhir.

Hasilnya, membunyikan buku jari tidak menimbulkan masalah pada tangan. Tidak ada rasa sakit yang ditimbulkan segera, bengkak atau kecacatan jari dalam kelompok yang sering membunyikan buku jari.

Bahkan, ketika dibandingkan dengan orang yang tak pernah melakukan kebiasaan itu, tidak ada perbedaan langsung dalam kekuatan cengkeraman mereka. Bahkan, mereka memiliki berbagai peningkatan gerak atas buku-buku jari.

Walau begitu, peneliti menyadari bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menilai apakah kebiasaan yang dilakukan rutin dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek lain. Tapi sementara itu, sesekali melakukan kebiasaan ini, tak akan membahayakan kesehatan jari-jari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Asam Urat
Asam Urat
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.