Kompas.com - 25/08/2016, 10:02 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
Dok, saya sedang mempersiapkan persalinan dan ingin bertanya tentang keamanan melahirkan di air (waterbirth). Apakah metode ini masih direkomendasikan oleh dunia kedokteran? Apa saja pro dan kontra melahirkan dengan cara ini?
Winda (27), Jakarta

 

JAWAB:
Ibu Winda yth,
Tentang water birth, sampai saat ini belum ada rekomendasi dari pengurus besar Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGI) dan belum ada juga penelitian tentang water birth ini di Indonesia.

Dari kepustakaan memang dikatakan dengan water birth persalinan akan lebih relaks dan lebih lancar. Karena otot-otot panggul menjadi lebih lentur. Adapun untuk janin nya akan lebih baik karena logikanya bayi hidup dalam lingkungan air ketuban.

Namun demikian, kondisi air di indonesia yang tidak steril dan kebiasaan ibu hamil di indonesia yang kurang olah raga, membuat metode persalinan ini kurang cocok. Sehingga kesimpulan saya adalah tidak merekomendasikan persalinan dengan water birth.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.