Kompas.com - 28/08/2016, 11:48 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Apakah Anda pernah memiliki sisik kemerahan di siku atau lutut? Atau mengalami masalah ketombe parah atau bintik-bintik di belakang telinga? Kemerahan di kulit yang diobati sendiri dengan sampo atau pelembab itu kemungkinan psoriasis.

Psoriasis adalah penyakit autoimun, kondisi tubuh yang melawan dirinya sendiri. Di sini sel kekebalan tubuh memerangi kulit, menyebabkan kulit jadi kering dan bersisik.

Kelainan ini disebabkan oleh gen. Jadi, penyakit ini tidak menular. Ketika anggota keluarga ada yang mengalami psoriasis, ada kemungkinan Anda juga akan mengalaminya.

Meskipun belum ada penyembuhan untuk psoriasis, ada perawatan yang bisa dilakukan untuk penyakit ini. Untuk spot kemerahan lokal, ada pengobatan topikal yang meliputi krim kortison, pengobatan vitamin D dan laser. Untuk psoriasis yang menyebar, tersedia terapi cahaya khusus, obat-obatan oral dan injeksi.

Tentu saja satu pengobatan yang paling dikenal adalah suntikan kortison yang dialami oleh Kim Kardashian. Injeksi ini diberikan langsung ke bokong atau lengan. Dokter ahli kulit terkadang menginjeksi ini pada penderita alergi parah.

Efek samping injeksi ini adalah penipisan lemak dan kulit di area tempat injeksi. Hasilnya mungkin berupa lekukan permanen. Ini yang mungkin dialami oleh Kim seperti dilansir sejumlah media di AS.

Di samping efek lekukan itu, psoriasis juga dapat kambuh lagi setelah efek kortison hilang. Itulah dua alasan mengapa injeksi ini tidak direkomendasikan sebagai pengobatan utama psoriasis.

Ketika curiga menderita psoriasis, periksakan diri ke dokter ahli kulit terpercaya untuk mendapatkan pengobatan terbaik. Dengan demikian kita tetap akan merasa nyaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.