Kompas.com - 20/09/2016, 20:45 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda tentu pernah mendengar soal berat air, ketika membicarakan berat badan. Ada kalanya berat air ini membuat bobot tubuh jadi lebih dari biasanya.

Sebenarnya apa sih berat air ini? Tergantung pada pola makan harian dan pilihan gaya hidup, ginjal kita secara terus menerus mengatur cairan menjaga agar berfungsi dengan benar sepanjang waktu. 

Ketika terjadi ketidakseimbangan, ginjal kadang menyimpan ekstra air yang menyebabkan berat badan sedikit naik dan tubuh membengkak, khususnya di bagian tangan, kaki dan pergelangan kaki.

Mengapa ini terjadi? Ada banyak alasan mengapa tubuh menyimpan lebih banyak air daripada biasanya.

Alasannya bisa karena makan terlalu banyak gula, garam atau mengalami dehidrasi. Ada pula karena hormon. Sebagian besar wanita mengalami retensi air seminggu sebelum menstruasi terjadi. Kehamilan pun menyebabkan tubuh menahan cairan.

Apakah ada cara untuk menghindari retensi air ini? Untuk permulaan, minum air putih lebih banyak.

Semakin banyak air masuk ke tubuh, semakin tubuh efisien membilas ekstra cairan dan sodium di tubuh. Jika tak suka minum banyak air, makanlah ketimun, bayam, seledri, paprika, semangka atau melon.

Kemudian, berolah raga teratur. Dengan begitu, Anda akan mengeluarkan ekstra cairan, serta memperbaiki peredaran darah.

Selanjutnya Anda perlu untuk bersantai. Tubuh kita sangat sensitif terhadap perubahan fisik dan emosi. Stres dapat menyebabkan tubuh menahan cairan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Pure Wow
Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.