Kompas.com - 07/10/2016, 15:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sudah diketahui secara luas bahwa minuman anggur alias wine punya banyak manfaat sehat. Hebatnya lagi, mencium wangi anggur juga bagus mempertajam memori.

Dalam studi baru yang diterbitkan di Journal Frontiers in Human Neuroscience, periset dari Cleveland Clinic dan Université du Québec à Trois-Rivières menguji data MRI dari sekelompok ahli anggur sommelier.

Menurut penemuan baru itu, sommelier lebih sedikit kecenderungannya untuk menderita penyakit saraf seperti Alzheimer's, Parkinson's dan dimensia di usia lanjut mereka.

Mengapa? Sommelier dilatih untuk menggunakan memori penciumannya (atau pengenalan bau) untuk memahami jenis-jenis anggur. Bagian otak ini tidak dilatih ketika menggunakan indra yang lain seperti sentuhan, penglihatan dan suara.

Jadi, ketika kita menggunakan hidung untuk mengindentifikasi anggur dan asal daerahnya, kita sedang melatih bagian otak yang jarang dipakai. Hal ini menjaga pikiran tetap tajam dan melindungi dari penyakit degeneratif saraf otak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Pure Wow
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.