Kompas.com - 18/10/2016, 22:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Jika bicara tentang ukuran tubuh yang sehat, kita akan langsung mengacu pada istilah indeks massa tubuh (BMI), lingkar pinggang atau angka timbangan. Dari ketiga ukuran tersebut, mana yang menurut Anda paling bisa diandalkan? Berikut ini tinjauannya.

Indeks massa tubuh

BMI (Body Mass Index) atau indeks massa tubuh adalah formula standar untuk menentukan rasio antara tinggi dan berat badan.

BMI telah terbukti menjadi indikator yang cukup andal untuk mengukur kadar lemak tubuh untuk kebanyakan orang dewasa, namun tidak untuk orang tua atau orang-orang yang penuh otot. BMI yang dianggap sehat adalah antara19 sampai 25.

Indeks massa tubuh adalah cara cepat untuk mengkategorikan berat badan seseorang apakah di bawah normal, normal, kelebihan berat badan, atau obesitas," kata Mary Hartley, R.D., ahli gizi DietsinReview.com.

Timbangan berat badan

Banyak orang memiliki hubungan yang sangat rumit dengan timbangan berat badan. Berat badan berfluktuasi secara alami sepanjang waktu berdasarkan berbagai faktor termasuk stres, hidrasi, menstruasi dan jam Anda menimbang. Walhasil, menimbang berat badan setiap hari dapat memicu stres.

Timbanglah berat badan seminggu atau sebulan sekali untuk mengevaluasi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Lingkar pinggang

Menurut Harley adalah tidak masuk akal jika kita mengukur lingkar pinggang lebih dari empat sampai enam minggu sekali. Menurutnya, pengukuran sebaiknya dilakukan enam bulan sampai setahun sekali.
Ukuran pinggang yang ideal sebaiknya tidak lebih dari setengah tinggi badan Anda.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.