Kompas.com - 20/10/2016, 08:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anggapan bahwa udara dingin membuat tubuh rentan tertular penyakit diyakini banyak orang di banyak negara. Namun, para ahli mengatakan bahwa mitos tersebut keliru.

Penelitian menunjukkan, kita memang merasakan gejala-gejala salesma (common cold), baik nyata atau sugesti, saat kedinginan. Padahal, suhu udara sendiri sebenarnya tak membuat kita gampang terinfeksi kuman.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine tahun 1968 ditunjukkan apa yang terjadi ketika orang yang kedinginan terpapar rhinovirus (virus penyebab flu).

Saat relawan menggigil kedinginan di ruangan yang sangat dingin atau mandi es, ternyata mereka tidak lantas menjadi sakit setelah menghirup kuman penyebab salesma dibandingkan dengan saat berada di ruangan yang suhunya nyaman.

Udara dingin juga tidak terbukti membuat perbedaan berarti dalam periode pemulihan dari flu. Bahkan, di tahap awal berada di udara dingin justru membantu penyembuhan.

Para ahli memang belum dapat mengetahui dengan jelas bagaimana udara yang dingin berpengaruh pada paparan kuman.

Penelitian menunjukkan ada dua kuman penyebab salesma, rhinovirus dan coronavirus, tumbuh sumbur di udara dingin. Selain itu, flu juga menyebar dengan cepat di udara yang dingin dan kering.

Dugaan lain, flu juga lebih rentan merebak di cuaca dingin karena biasanya orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, berinteraksi lebih dekat, sehingga penularan kuman jadi mudah terjadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.