Kompas.com - 24/10/2016, 15:49 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Pasien skizofrenia maupun depresi sebaiknya jangan dibiarkan selalu di dalam rumah. Ajak mereka menikmati udara segar dan beraktivitas di bawah sinar matahari pagi.

Menurut laporan The International Early Psychosis Association, para peneliti dari Norway’s University of Oslo menemukan kaitan antara rendahnya tingkat vitamin D dengan peningkatan gejala negatif dan depresi pada pasien psikosis.

Penelitian juga menunjukkan adanya kaitan antara kekurangan vitamin D dengan penurunan fungsi kognitif.

Berdasarkan hasil temuan itu, peneliti menganjurkan pasien psikosis seperti skizofrenia untuk lebih sering terpapar sinar matahari. Sebab, sinar matahari membantu produksi vitamin D di dalam tubuh.

Hasil penelitian ini sebenarnya bukan suatu hal yang mengejutkan. Sebelumnya, Mayo Clinic juga menemukan peningkatan risiko gangguan afektif selama musim dingin yang notabene lebih jarang ada sinar matahari.

Peneliti menyimpulkan, banyak terpapar sinar matahari dapat meningkatkan kesehatan mental. Paparan sinar matahari barangkali dapat menjadi terapi yang mudah dan murah bagian pasien gangguan jiwa.

Selain itu, National Institutes of Health menyatakan, vitamin D telah dikenal untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Fungsi ini penting untuk pertumbuhan tulang dan sel, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk penelitian lebih lanjut, peneliti ingin melihat peran vitamin D terhadap otak dengan menggunakan MRI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.