Kompas.com - 08/11/2016, 14:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Organisasi kesehatan dunia (WHO) merevisi panduannya mengenai perawatan antenatal. Disebutkan bahwa ibu hamil harus melakukan pemeriksaan kesehatan paling tidak 8 kali selama masa kehamilannya.

Sebelumnya WHO hanya merekomendasikan cek kehamilan sebanyak 4 kali. Memperbanyak pemeriksaan kehamilan disebutkan akan mengurangi risiko kematian janin.

Tahun lalu, sekitar 303.000 wanita secara global meninggal akibat gangguan kesehatan yang terkait kehamilan. Akibatnya, 2,7 juta bayi meninggal pada 28 hari pertama usianya dan 2,6 juta meninggal dalam kandungan.

Menurut data WHO hanya 64 persen wanita yang mendapatkan perawatan antenatal (kehamilan) sebanyak 4 kali atau lebih selama mengandung.

Panduan baru WHO itu juga termasuk rekomendasi tentang pola makan, aktivitas fisik, rokok, malaria, tes darah, vaksinasi tetanus, dan penggunaan ultrasonografi. Ada juga saran seputar mual, nyeri punggung, dan konstipasi.

WHO juga merekomendasikan untuk mengonsumsi 30-60 miligram suplemen zat besi dan 0.4 mg asam folat selama kehamilan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Foxnews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.