Kompas.com - 13/11/2016, 11:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Menurut American Cancer Society, kanker ovarium ada di peringkat kelima sebagai kanker paling mematikan bagi wanita.

Meskipun kanker ovarium bisa diobati, deteksi awal tetap merupakan hal yang sangat penting karena semakin dini kanker ini diketahui dan diterapi, semakin besar kemungkinannya untuk sembuh.

Berikut ini adalah beberapa gejala awal kanker ovarium.

Pada tahap awal, kanker ovarium biasanya tidak menimbulkan banyak gejala. Gejala yang muncul bisa keliru dianggap sebagai gejala penyakit lain yang kurang serius.

Menurut American Cancer Society, gejala awal dari kanker ovarium antara lain adalah:

- Perut bengkak dan kembung
- Panggul seperti tertekan dan nyeri perut
- Kesulitan makan atau merasa cepat kenyang
- Sering terdesak untuk berkemih

Gejala awal kanker ovarium yang kurang umum antara lain adalah kelelahan, gangguan pencernaan, nyeri punggung, nyeri saat berhubungan seks, sembelit, dan haid tidak teratur.

Namun, Ovarian Cancer Research Fund Alliance menyebutkan, jika berkaitan dengan deteksi dini, jumlah dan frekuensi terjadinya gejala lebih penting dari gejala itu sendiri.

Misalnya, menurut American Cancer Society, jika seorang wanita memiliki satu atau lebih gejala yang timbul selama 12 kali dalam sebulan, dia harus berkonsultasi ke dokter.

Kista ovarium

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.