Kompas.com - 14/12/2016, 20:22 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kondisi kesehatan yang cukup umum terjadi di kalangan wanita. Meski demikian, masih banyak hal yang belum diketahui mengenai sindrom ini.

Para ahli tidak tahu persis apa penyebabnya, dan sebanyak 50 persen penderitanya tidak tahu bahwa mereka memiliki sindrom itu.

PCOS dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius. Karena itu, penting untuk mengetahui gejalanya dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Berikut adalah tujuh fakta-fakta awal yang penting untuk Anda ketahui.

1. PCOS adalah kelainan hormonal.

Ovarium menghasilkan sedikit hormon pria bernama androgen. Tetapi wanita dengan PCOS memroduksi hormon itu terlalu banyak.

Akibatnya, Anda kehilangan periode menstruasi, rambut tumbuh dengan lebat, berat badan bertambah, dan jerawat bermunculan. Androgen berlebih juga mengganggu ovulasi.

Di setiap siklus haid, seharusnya folikel membuka dan melepaskan telur yang matang. Pada wanita dengan PCOS, ini tidak terjadi. Sebaliknya, folikel tongkat malah menjadi kista kecil.

Di sinilah mulai terjadi kerumitan. Kista sendiri menghasilkan androgen, sehingga tidak jelas apakah kista yang menyebabkan PCOS atau kista terjadi karena tubuh terlalu banyak menghasilkan androgen.

"Ini seperti menjadi apakah lebih dulu ayam atau telur," kata Jessica Lalley, MD, profesor kebidanan dan kandungan di Michigan State University.

2. Ini bukan hanya tentang kista.

PCOS adalah kumpulan pola dan gejala dan kista adalah salah satu ciri khasnya. Dokter dapat melihat kista ini dengan USG. Tapi, seringkali kista hanyalah potongan terakhir dari teka-teki PCOS.

Lebih mungkin, awalnya dokter akan memulai serangkaian pengujian untuk melihat kemungkinan adanya PCOS (mungkin dengan tes darah untuk mengukur kadar hormon) setelah melihat adanya gejala lain, seperti menstruasi yang tidak teratur, rambut tumbuh berlebihan di tempat-tempat yang tidak wajar bagi wanita seperti di dagu, dada dan perut, serta jerawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.