Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah yang Bisa Dilakukan Penderita PCOS untuk Hamil

Kompas.com - 21/02/2016, 14:05 WIB

KOMPAS.com - PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome) menjadi masalah terbesar bagi wanita yang mengalaminya. Keadaan ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon dimana perempuan lebih banyak memroduksi hormon androgen (hormon pada laki-laki) secara berlebihan. Hal ini mengakibatkan banyak perubahan pada diri Mama seperti wajah lebih berminyak dan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Kelainan ini membuat Mama jadi tidak subur alias sulit memiliki anak. Tapi jangan khawatir ya, Mam. Ada beberapa cara yang dilakukan agar mudah hamil bagi penderita PCOS:

1. Terapkan Pola makan seimbang
Penderita PCOS cenderung punya pola makan yang buruk. Hal tersebut karena hormon yang tidak seimbang. Mama hanya perlu mengurangi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi dan berkalori tinggi. Cobalah mulai makan yang mengandung protein tinggi.

2. Mengeluarkan detoks tubuh
Tidak mengonsumsi kopi, gula serta makanan yang mengandung bahan kimia dapat membantu tubuh mengeluarkan detoks. Beberapa penelitian telah membuktikan, bahwa badan yang bersih dari racun dapat meningkatkan kesuburan.

3. Minum obat yang tepat
Obat tetap menjadi cara terbaik untuk Mama yang ingin hamil. Obat yang berfungsi untuk melawan produksi insulin dapat menjadi pengobatan efektif untuk Mama yang ingin hamil. Jangan lupa konsultasikan pada dokter agar Mama mendapatkan obat yang sesuai dengan diri Mama.

4. Kenali masa subur
Mama dengan PCOS tidak memiliki masa subur yang rutin. Jika memang berencana untuk hamil, Mama bisa menggunakan alat tes kesuburan. Pastikan Mama mengetahui waktu yang pas untuk melakukan seks.

5. Hindari stres
Stres akan semakin memicu hormon androgen semakin bekerja. Bahkan, stres juga dapat menghalangi masa subur Mama. Cobalah terus berpikir positif dan ambil waktu yang menyenangkan bersama Papa.

Itu dia tadi cara hamil bagi penderita PCOS. Penyakit ini adalah bawaan hormon sehingga yang dapat menyembuhkannya adalah Mama sendiri. Jangan lupa hidup sehat dan tenangkan pikiran Mama ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com