Wanita Ini Menstruasi Selama 5 Tahun Tanpa Henti

Kompas.com - 18/12/2016, 13:05 WIB
Chloe Christos, 27, menderita penyakit Von Willebrand (VWD), yaitu penyakit yang mengganggu proses pembekuan darah. Inilah yang menyebabkan menstruasinya tak berhenti selama lima tahun, sejak usianya 14 tahun sampai 19 tahun. Chloe Christos, 27, menderita penyakit Von Willebrand (VWD), yaitu penyakit yang mengganggu proses pembekuan darah. Inilah yang menyebabkan menstruasinya tak berhenti selama lima tahun, sejak usianya 14 tahun sampai 19 tahun.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Namanya Chloe Christos. Dia adalah seorang wanita muda berusia 27 tahun asal Australia. Christos mendapat menstruasi pertamanya pada usia 14 tahun dan sampai usia 19 tahun, haidnya terus berlangsung, non-stop.

"Saya tahu ada yang tidak benar pada tubuh saya. Tapi, saya malu untuk berbicara tentang hal itu. Saya merasa bahwa saya sangat berbeda," katanya.

Akibat kelainan yang dideritanya, Christos kehilangan darah secara konstan. Kadang-kadang, dia kehilangan 500 mililiter darah dalam rentang waktu hanya empat hari. Jumlah ini 10 kali lebih banyak dibanding darah yang dikeluarkan oleh wanita normal setiap kali periode menstruasi.

Akhirnya, Christos tahu bahwa dia memiliki penyakit Von Willebrand (VWD). VWD adalah penyakit yang mengganggu proses pembekuan darah. Kebanyakan kita lebih akrab dengan gangguan pembekuan darah hemofilia. Padahal, kasus VWD lebih umum daripada hemofilia.

"Penyakit ini adalah penyakit yang cukup umum terjadi, dengan lebih dari 200.000 kasus pertahun di Amerika Serikat," kata ahli kesehatan wanita, Jennifer Wider, MD.

Sedangkan menurut peneliti kesehatan seksual, Robyn Charlery White, Ph.D., VWD lebih umum terjadi pada wanita ras Kaukasia seperti Christos.

Selain periode yang lama, para ahli mengatakan, gejala VWD dapat mencakup periode haid yang sangat berat, mimisan berulang, perdarahan dari gusi, perdarahan berat dari luka, darah dalam urin dan mudah mendapat memar.

Sekitar 75 sampai 92 persen pasien VWD, mengalami perdarahan menstruasi yang berat seperti Christos. Tapi, jarang ada kejadian pendarahan yang bertahan selama lima tahun, kata Charlery White lagi.

Dalam penuturannya kepada media ABC Australia, Christos bercerita bahwa dia banyak menghabiskan waktunya di ruang gawat darurat, terus-menerus.

Untunglah, akhirnya Christos berhasil menemukan obat yang biasa diperuntukkan untuk penderita hemofilia. Obat ini berhasil menghentikan pendarahan yang lama dideritanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Glamour
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X