Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Normalkah jika Darah Menstruasi Tak Berwarna Merah?

Kompas.com - 30/10/2016, 15:48 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Warna maupun tekstur darah selama menstruasi memang tidak selalu sama, kata Dr Sara Twogood, MD, dokter kandungan bersertifikat dan asisten profesor OBGYN Klinis di Keck Medicine of USC.

Darah yang keluar dalam bentuk flek, saat hari pertama haid, atau hari menjelang haid usai, jelas akan berbeda. Berikut alasan dan apa yang perlu Anda lakukan agar tetap sehat dan nyaman.

Jika darah berwarna merah cerah

Jika darah haid berwarna merah terang, artinya darah masih akan keluar dalam jumlah banyak. Anda perlu menyiapkan pembalut ekstra untuk menggantinya 3-4 kali sehari agar vagina tetap sehat, bebas jamur dan bau, maupun infeksi bakteri.

Warna merah merupakan pertanda aliran darah baru saja dimulai dan mungkin akan menjadi lebih banyak dalam 1-2 hari ke depan.

Karena banyak darah yang keluar, tingkatkan asupan protein agar tubuh memiliki amunisi untuk mengantisipasi banyaknya darah yang keluar, sehingga Anda bisa tetap prima.

Jika darah cokelat kemerahan atau kehitaman

Darah tidak selalu harus sama persis berwarna merah. Jangan panik jika darah haid terlihat berwarna cokelat kemerahan atau cokelat gelap. Itu hanya berarti bahwa Anda telah berada di periode akhir menstruasi.

Jika darah berupa gumpalan

Gumpalan darah kecil terbilang umum pada hari-hari terberat perdarahan, ketika alirannya terlalu cepat untuk mengencerkan darah. Selama penggumpalan berukuran kecil, mereka dianggap normal, Dr. Twogood menjelaskan.

Tetapi jika gumpalan berbentuk besar dan disertai kram perut berlebihan, kunjungi dokter spesialis obgyn untuk melakukan pemeriksaan.

Ada kemungkinan kalau kondisi itu merupakan bagian dari sindrom ovarium polikistik (PCOS), gangguan hormonal yang mempengaruhi 4-12 persen wanita.

Dalam hal ini, dokter dapat membantu Anda dalam mengelola diet dan olahraga untuk menjaga gejala PCOS tetap di bawah kontrol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com