Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buah dan Sayuran Ungu Bakal Jadi Tren Makanan Sehat 2017

Kompas.com - 22/12/2016, 14:40 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Makanan maupun minuman berwarna hijau, seperti matcha dan teh hijau sangat populer tahun 2016. Bukan hanya minuman, tapi juga cake dan smoothie berwarna hijau banyak dicari. Tahun 2017 nanti tren makanan sehat nampaknya akan berganti warna, yaitu menjadi ungu.

Hal ini merupakan prediksi para ahli dari Whole Foods yang telah meneliti perilaku konsumen secara global. Warna ungu yang dimaksud tentunya warna alami dari buah-buahan dan sayuran.

Penasihat Nutrisi di Cardiff Sports Nutrition, Matthew Plowman mengatakan, buah dan sayuran berwarna ungu mengandung tinggi antioksidan. Banyak manfaat sehat yang didapat dengan mengonsumsi buah dan sayuran ungu.

"Buah atau sayuran berwarna ungu dikenal untuk melawan penyakit, membuat Anda tampak lebih muda, mengurangi peradangan, dan baik untuk kesehatan jantung," kata Plowman.

Antosianin, antioksidan yang terkandung dalam buah maupun sayur berwarna ungu, dapat melindungi pembuluh darah dan menjaga kesehatan kulit. Kandungan antosianin itulah yang memberi warna ungu pada buat atau sayuran tersebut.

Antioksidan juga dikenal berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga mencegah pertumbuhan sel abnormal di tubuh seperti kanker.

Sebuah penelitian juga menunjukkan, konsumsi buah dan sayuran berwarna ungu secara teratur dapat menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Adapun sayuran maupun buah berwarna ungu antara lain, terong, ubu jalar ungu, kentang ungu, berry ungu, kubis ungu, bawang merah, buah naga, beras hitam, plum, dan asparagus ungu.

Tahun depan, mungkin saja sajian makanan maupun minuman akan lebih banyak dibuat menjadi warna ungu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang menyehatkan itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com