Kompas.com - 27/12/2016, 07:35 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tumor otak adalah tumbuhnya sel-sel abnormal di otak. Bisa berupa tumor jinak dan tumor ganas atau disebut juga kanker. Gejala yang ditimbulkan akan berbeda-beda pada setiap orang. Begitu pula dengan ukuran tumor yang tumbuh.

"Gejala tumor otak sangat tergantung pada lokasi tumor," kata ahli bedah saraf, Theodore Schwartz, MD.

Misalnya, tumor terletak di bagian otak yang berfungsi mengontrol gerak lengan dan penglihatan. Maka gejalanya adalah lengan yang lemah atau sulit digerakkan dan penglihatan yang kabur.

Akan tetapi, ada beberapa gejala umum yang perlu dicurigai adanya tumor otak. Berikut 7 gejala umum tumor otak:

1. Kejang
Adanya tumor akan menganggu saraf di otak. Akibatnya, seseorang bisa mengalami kejang, padahal tidak memiliki riwayat epilepsi. Kejang yang terjadi tak harus kejang pada seluruh tubuh, tetapi bisa saja hanya pada salah satu anggota tubuh ataupun bagian wajah.

2. Gerakan canggung
Tiba-tiba Anda sering canggung atau kikuk ketika melakukan sesuatu. Misalnya, sulit menjaga keseimbangan saat melangkah. Mengalami masalah bicara, sulit mengendalikan ekspresi di wajah juga bisa menjadi tanda tumor otak.

3. Mati rasa
Mati rasa juga menjadi gejala umum tumor otak. Mati rasa bisa terjadi pada salah satu bagian tubuh saja maupun wajah. Hal ini bisa terjadi ketika tumor terletak di bagian otak yang menghubungkan dengan saraf tulang belakang.

4. Penurunan memori atau berpikir
Tumor otak umumnya membuat seseorang mengalami masalah memori dan kemampuan berpikir. Misalnya, sulit mengingat suatu hal, kebingungan, atau tidak bisa menangkap suatu informasi dengan baik.

5. Mual
Mual merupakan gejala umum dari berbagai penyakit, termasuk tumor otak. Apabila merasa mual atau sakit perut yang disertai beberapa gejala yang sudah disebutkan sebelumnya, waspadai tumor otak.

6. Penglihatan menurun
Tumor otak umumnya akan memengaruhi penglihatan seseorang. Gangguan penglihatan bisa berupa pandangan kabur, penglihatan ganda, bahkan hingga kehilangan seluruh penglihatan.

7. Sakit kepala
Sakit kepala merupakan gejala umum dari tumor otak. Meski demikian, tak semua orang akan mengalami sakit kepala pada awal kemunculan tumor otak. Sakit kepala bisa saja baru dirasakan setelah tumor sudah membesar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.