Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2016, 07:35 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Tumor otak adalah tumbuhnya sel-sel abnormal di otak. Bisa berupa tumor jinak dan tumor ganas atau disebut juga kanker. Gejala yang ditimbulkan akan berbeda-beda pada setiap orang. Begitu pula dengan ukuran tumor yang tumbuh.

"Gejala tumor otak sangat tergantung pada lokasi tumor," kata ahli bedah saraf, Theodore Schwartz, MD.

Misalnya, tumor terletak di bagian otak yang berfungsi mengontrol gerak lengan dan penglihatan. Maka gejalanya adalah lengan yang lemah atau sulit digerakkan dan penglihatan yang kabur.

Akan tetapi, ada beberapa gejala umum yang perlu dicurigai adanya tumor otak. Berikut 7 gejala umum tumor otak:

1. Kejang
Adanya tumor akan menganggu saraf di otak. Akibatnya, seseorang bisa mengalami kejang, padahal tidak memiliki riwayat epilepsi. Kejang yang terjadi tak harus kejang pada seluruh tubuh, tetapi bisa saja hanya pada salah satu anggota tubuh ataupun bagian wajah.

2. Gerakan canggung
Tiba-tiba Anda sering canggung atau kikuk ketika melakukan sesuatu. Misalnya, sulit menjaga keseimbangan saat melangkah. Mengalami masalah bicara, sulit mengendalikan ekspresi di wajah juga bisa menjadi tanda tumor otak.

3. Mati rasa
Mati rasa juga menjadi gejala umum tumor otak. Mati rasa bisa terjadi pada salah satu bagian tubuh saja maupun wajah. Hal ini bisa terjadi ketika tumor terletak di bagian otak yang menghubungkan dengan saraf tulang belakang.

4. Penurunan memori atau berpikir
Tumor otak umumnya membuat seseorang mengalami masalah memori dan kemampuan berpikir. Misalnya, sulit mengingat suatu hal, kebingungan, atau tidak bisa menangkap suatu informasi dengan baik.

5. Mual
Mual merupakan gejala umum dari berbagai penyakit, termasuk tumor otak. Apabila merasa mual atau sakit perut yang disertai beberapa gejala yang sudah disebutkan sebelumnya, waspadai tumor otak.

6. Penglihatan menurun
Tumor otak umumnya akan memengaruhi penglihatan seseorang. Gangguan penglihatan bisa berupa pandangan kabur, penglihatan ganda, bahkan hingga kehilangan seluruh penglihatan.

7. Sakit kepala
Sakit kepala merupakan gejala umum dari tumor otak. Meski demikian, tak semua orang akan mengalami sakit kepala pada awal kemunculan tumor otak. Sakit kepala bisa saja baru dirasakan setelah tumor sudah membesar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com