Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanda Seseorang Memiliki Gangguan Obsesif Kompulsif

Kompas.com - 22/02/2017, 10:03 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Menyentuh pegangan kamar mandi sendiri, Anda jijik. Apalagi harus menyentuh pegangan pintu toilet umum.

Anda pun merasa kesulitan berdiri di kereta. Pasalnya, tiang pegangan di dalam kereta juga membuat Anda super jijik. Semua benda-benda itu, menurut Anda, adalah sarang kuman.

"Saya punya anak kecil dan banyak pekerjaan. Saya tidak boleh sakit karena kuman-kuman itu." Demikianlah selalu yang ada di otak Anda. Itu sebabnya, cairan desinfektan adalah benda paling wajib yang harus Anda bawa kemana pun.

Semua pikiran-pikiran dan gambaran negatif berputar terus di kepala Anda dan menjadi obsesi. Itulah ciri khas obsessive compulsif disorder (OCD), jelas Jeff Szymanski, PhD, direktur eksekutif International OCD Foundation.

OCD sering berakar pada ketakutan irasional terhadap kontaminasi, paling sering adalah kontaminasi kuman. Agar kekhawatiran Anda hilang, Anda merasa wajib mencuci tangan, misalnya 50 kali sehari.

Walhasil, rutinitas Anda mencuci tangan membuat Anda terlambat kerja dan mengganggu aktivitas lainnya.

Perilaku kompulsif ini menunjukkan adanya gangguan mental, kata Szymanski. Inilah ciri-ciri atau gejala OCD yang paling umum:

Anda harus membersihkan rumah

Alasannya bukan karena ibu mertua akan datang, anak-anak bermain tanah lalu masuk ke dalam rumah tanpa mencuci kaki, atau karena memang harus agar rumah selalu nyaman.

Jika Anda memiliki OCD, Anda mungkin merasa seperti tidak punya pilihan selain membersihkan rumah, karena jika tidak, seseorang dalam rumah tangga Anda akan terkontaminasi bakteri salmonella dan itu akan menjadi kesalahan Anda.

Mirip dengan mencuci tangan, dorongan dari dalam diri Anda untuk membersihkan rumah berulangkali adalah karena rasa takut yang tidak masuk akal, memakan waktu dan membuat Anda stres.

Anda tidak harus membersihkan rumah puluhan atau bahkan ratusan kali dalam sehari, kata Reid Wilson, PhD, asisten profesor psikiatri di University of North Carolina School of Medicine.

Biasanya, membersihkan rumah hanya memerlukan waktu satu sampai dua jam setiap hari. Tapi, karena Anda terobsesi, Anda melakukannya sangat lama, mungkin lima sampai enam jam sehari.

Anda memeriksa apakah pintu depan sudah terkunci berulang-ulang kali

Ini adalah tanda paling umum OCD. Apakah pintu sudah terkunci, oven sudah dimatikan, jendela sudah tertutup, stop kontak sudah dicabut dan lain sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com