Kompas.com - 24/03/2017, 16:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Semakin cangihnya teknologi, smartphone atau ponsel pintar kini dapat dimanfaatkan untuk diagnosis suatu penyakit. Salah satu yang mendukung diagnosis melalui smartphone adalah Nanotis.

Alat diagnosis asal Jepang ini diciptakan khusus untuk mengetahui adanya virus influenza yang menyebabkan sakit flu.

CEO Nanotis Lisa Sakashita menjelaskan, pasien hanya perlu menempatkan lendir atau air liur pada sebuah chip mikofluida di alat Nanotis.

Kemudian, ambil gambar dari chip menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan aplikasi untuk membaca hasilnya.

"Hasilnya keluar hanya dalam waktu satu menit," kata Lisa saat ditemui dalam jumpa pers Bayer Pharmaceuticals Division Asia Pacific Financial 2017 di Singapura, Selasa (21/3/2817).

Lisa mengatakan, alat ini sangat praktis karena ukurannya yang kecil, mudah digunakan, dan pastinya tanpa rasa sakit.

Nanotis diciptakan mengingat mudahnya virus influenza menular melalui udara. Bila ada satu orang sedang flu dalam satu ruangan, orang lain dalam ruangan yang sama bisa ikut terkena flu.

Lisa berharap, Nanotis tak hanya bisa menjadi alat diagnosis di rumah sakit dan klinik, tetapi juga di unit kesehatan sekolah hingga tempat karantina bandara.

"Nanotis bisa dipakai oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun," kata Lisa.

Nanotis merupakan salah satu pemenang Bayer Grants4Apps tahun lalu. Nantinya diharapkan ada teknologi serupa untuk deteksi virus Zika, Norovirus, hingga HIV sehingga membantu mengatasi penyakit menular.

Nanotis juga ingin memperluas teknologi untuk penyakit lain seperti kanker, campak, hingga demam berdarah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.