Hidup di Negara Tropis Bikin Masyarakat Indonesia Rentan Terkena DBD?

Kompas.com - 10/12/2019, 19:00 WIB
Petugas Dinas Kesehatan menunjukkan nyamuk saat melakukan kegiatan pemberantasan jentik nyamuk di kawasan kota Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (6/2/2019). Kegiatan hasil kerja sama Dinas Kesehatan dengan Pramuka Saka Bhakti Husada tersebut untuk mengantisipasi berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti penyebab demam berdarah dengue (DBD) yang mewabah di sejumlah daerah. ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDINPetugas Dinas Kesehatan menunjukkan nyamuk saat melakukan kegiatan pemberantasan jentik nyamuk di kawasan kota Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (6/2/2019). Kegiatan hasil kerja sama Dinas Kesehatan dengan Pramuka Saka Bhakti Husada tersebut untuk mengantisipasi berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti penyebab demam berdarah dengue (DBD) yang mewabah di sejumlah daerah.

KOMPAS.com - Penyakit demam berdarah dengue ( DBD) sering menimbulkan gejala yang mengejutkan. Pasalnya, demam yang dirasakan oleh pengidap penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini bisa sewaktu-waktu hilang.

Ada istilah Siklus Pelana Kuda untuk memudahkan masyarakat dalam mengenal grafik naik-turun panas yang dialami oleh penderita DBD. Siklus tersebut terlihat dalam tiga fase berikut:

Fase demam: hari ke 1-3

Demam tinggi antara 39-41 derajat celsius bisa menjadi tanda-tanda awal seseorang menderita DBD.

Demam ini biasanya berlangsung selama 3-4 hari dan sulit direda dengan obat penurun panas biasa.

Baca juga: Kenali Siklus Pelana Kuda pada Penderita DBD

Fase kritis: hari 3-5

Fase ini ditandai dengan demam yang mulai mereda. Banyak penderita yang salah kaprah menanggapi suhu tubuh yang kembali normal hingga menganggap sembuh.

Padahal, penderita ini sedang memasuki masa di mana risiko tertinggi dari DBD dapat terjadi.

Fase penyembuhan: hari 6-7

Suhu tubuh kembali naik menjadi tanda fase kritis telah berakhir dan beranjak ke fase penyembuhan. Dalam fase penyembuhan, denyut nadi menguat, pendarahan berhenti, dan terjadinya perbaikan fungsi tubuh lainnya.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X