Kompas.com - 17/12/2019, 12:00 WIB
Anak bermain game. Seorang anak di Irlandia tak sadar telah menguras tabungan sang ibu saat bermain game FIFA. Anak bermain game. Seorang anak di Irlandia tak sadar telah menguras tabungan sang ibu saat bermain game FIFA.

KOMPAS.com - Banyak orangtua mengeluhkan anak jadi doyan main game di telepon pintar atau gawai sepanjang musim libur sekolah.

Selain bikin anak-anak jadi mager, aktivitas main game seharian dikhawatirkan mempengaruhi kesehatan mata sampai gangguan motorik.

Intens bermain game ternyata juga bisa membuat sejumlah anak dan remaja mengalami stres, jantung berdebar, sampai pingsan.

Kondisi tersebut biasanya dialami anak dan remaja yang mempunyai riwayat gangguan jantung.

Melansir Cleveland Clinic (13/12/2019), sejumlah anak dan remaja bisa mengalami syncope atau kehilangan kesadaran karena detak jantung dan tekanan darahnya tiba-tiba turun secara drastis.

Baca juga: China Larang Anak-anak dan Remaja Main Game Lebih dari 90 Menit

Hal itu dipengaruhi kondisi fisik atau emosional yang intens, seperti saat bermain game. Semangat bermain itu menghasilkan adrenalin berlebih, yang tidak disarankan bagi sejumlah pengidap gangguan jantung.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi pingsan (syncope) juga bisa terjadi saat seseorang syok melihat darah. Bisa juga terjadi saat seseorang terlalu lama berdiri di bawah terik matahari.

Pada lain waktu, ada juga orang yang pingsan saat bermain olahraga. Terkadang juga dialami orang yang terlalu bersemangat atau terlalu kesal pada keadaan.

Lebih berisiko

Meskipun kasusnya jarang ditemui, namun tekanan mental dan emosional saat anak bermain game terkadang juga memicu aritmia sampai mereka kehilangan kesadaran.

"Sering kali ini disebabkan kelainan jantung. Ini bisa jadi tanda anak-anak punya masalah jantung. Perlu diwaspadai agar tidak mengancam keselamatan jiwa," jelas ahli jantung anak Peter Aziz, MD.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X