Virus Mematikan asal China Mewabah, Ini Cara Cegah Tertular Versi WHO

Kompas.com - 20/01/2020, 10:30 WIB
Ilustrasi pneumonia ShutterstockIlustrasi pneumonia

KOMPAS.com - Para ahli memperkirakan coronavirus asal China telah menjangkiti hampir 1.700 orang.

Melansir Kompas.com, Minggu (19/1/2020), sudah ada dua orang meninggal dunia karena virus misterius China yang muncul kali pertama di kota Wuhan, pada Desember 2019.

Menurut para ilmuwan dari Pusat Analisis Penyakit Menular Global MRC di Imperial College London kepada BBC, terdapat 41 kasus baru coronavirus yang dikonfirmasi di laboratorium.

Melalui pemodelan wabah berdasarkan virus, populasi lokal, dan data penerbangan, para ahli di Inggris memperkirakan jumlah orang yang terinfeksi mendekati 1.700 orang.

Dari China, coronavirus yang berpotensi mematikan itu juga terdeteksi di Jepang dan ada temuan kasus pneumonia akibat virus misterius tersebut di Thailand.

Baca juga: Virus Misterius China Diduga Telah Menginfeksi 1.700 Orang

Penyebaran virus asal China itu ke beberapa negara membuat sejumlah orang khawatir.

Kendati demikian, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menyerukan kewaspadaan untuk mencegah penularan penyakit ini.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO, Sabtu (18/1/2020), membagikan cara mencegah penularan dan meminimalkan risiko tertular coronavirus. Antara lain:

1. Jaga tangan tetap bersih

Cuti tangan dengan sabun dan air mengalir, atau menggunakan cairan pembersih berbasis alkohol.

Membersihkan tangan secara berkala penting, kendati tangan tampak bersih. Terutama:

Halaman:

Sumber WHO
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X