Kompas.com - 04/02/2020, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit berbahaya yang mengintai negara-negara tropis, terutama saat musim hujan.

Penyakit ini bisa menular lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue. Tanpa penanganan yang tepat dan cepat, DBD bisa menyebabkan komplikasi serius bahkan kematian.

Namun, mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes aegytpti adalah langkah paling bagus untuk mengantisipasi penularan penyakit tersebut.

Baca juga: Dapatkah Gejala Demam Berdarah (DBD) Disertai Batuk Pilek?

Hal itu pula yang diungkapkan oleh Dr Chua Ying Ying, Konsultan medis dari Departemen Penyakit Menular, Singapore General Hospital (SGH).

“Melakukan pencegahan di dalam dan di luar rumah Anda untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk sangat penting untuk mencegah demam berdarah,” ucap dia, dilansir dari Healthchange.sg.

Cara usir nyamuk demam berdarah

Melansir dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), berikut tips agar rumah terhidar dari nyamuk pembawa demam berdarah:

  • Kuras dan buang genangan air di wadah penampungan air seperti ember, piring hewan peliharaan, bunga pot dan vas, ban dan kaleng.
  • Setiap minggu, cuci wadah penampungan air dengan sikat atau spons untuk menghilangkan telur atau jentik-jentik nyamuk.
  • Tutupi bagian atas wadah penampungan air serapat mungkin agar nyamuk dan telurnya tidak bisa masuk.
  • Meletakan ikan hias air tawar di genangan air juga bisa mengurangi populasi nyamuk. Ikan kecil seperti ikan gupi atau cupang dan sejenisnya merupakan ikan hias air tawar yang memakan jentik-jentik nyamuk.

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menegaskan bahwa cara terbaik untuk menghindari DBD adalah mencegah gigitan nyamuk dengan cara berikut:

  • Menggunakan obat nyamuk yang mengandung DEET, picaridin, IR3535, atau campuran minyak lemon eucalyptus ata para mentana diol yang memberi perlindungan tahan lama terhadap gigitan nyamuk. Namun, gunakan bahan-bahan tersebut sesuai instruksi yang tertera pada labelnya/
  • Kenakan pakaian yang melindungi diri dari gigitan nyamuk seperti baju lengan panjang, celana panjang, sepatu tertutup, dan topi.
  • Pasang tirai dijendala dan pintu
  • Jika memiliki AC, sebaiknya gunakan saja daripada membuka jendela dan pitu agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

Tanaman pengusir nyamuk demam berdarah

Selain cara-cara di atas, kita bisa menggunakan tanaman pengusir nyamuk sebagai aroma terapi atau minyak esensial.

Tanaman tersebut bekerja dengan memblokir indera penciuman nyamuk lewat wewangian yang mereka keluarkan sehingga nyamuk sulit mendarat di kulit manusia, apalagi menghisap darah kita.

Baca juga: Cara Mengobati Demam Berdarah (DBD)

Melansir laman Sehat Q, berikut 9 tanaman pengusir nyamuk:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.