Apakah Masuk Angin Selalu Sebabkan Sakit Kepala?

Kompas.com - 29/02/2020, 12:34 WIB
Ilustrasi sakit kepala shutterstockIlustrasi sakit kepala

KOMPAS.com - Masuk angin seringkali membuat tubuh terasa tidak enak, pegal-pegal, dan perut kembung.

Tak jarang, gejala masuk angin juga disertai oleh sakit kepala yang membuat kita semakin sulit beraktivitas.

Lantas, benarkah masuk angin selalu menyebabkan sakit kepala?

Melansir SehatQ, terdapat berbagai penyakit atau kondisi medis yang dapat menyebabkan seseorang merasakan gejala masuk angin salah satunya selesma atau pilek.

Sakit kepala adalah gejala yang muncul pada penderita selesma. Selain itu, masuk angin juga bisa disebabkan oleh sinusitis dan sakit juga menyebabkan penderitanya mengalami sakit kepala.

Baca juga: 6 Minuman Hangat dan Sehat, Cocok untuk Musim Hujan

Penyebab sakit kepala

Namun, tidak semua sakit kepala disebabkan oleh masuk angin.

Melansir Medical News Today, sakit kepala bisa menjadi tanda stres atau tekanan emosional, atau bisa disebabkan oleh kelainan medis, seperti migrain atau tekanan darah tinggi, kecemasan, atau depresi.

Dilihat dari penyebabnya, ada dua jenis sakit kepala. Jenis pertama adalah sakit kepala primer yang biasanya dipicu oleh gaya hidup, seperti konsumsi alkohol, perubahan siklus tidur atau kurang tidur, postur tubuh yang buruk, kurang makan, dan stres.

Jenis kedua adalah sakit kepala sekunder adalah jenis sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi medis lain, seperti infeksi atau cedera pada kepala.

Melansir Harvard Medical School, sakit kepala bisa menjadi gejala dari masalah fisik tertentu, seperti tekanan darah tinggi atau rendah.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X