7 Manfaat Makan Buah untuk Kesehatan

Kompas.com - 23/06/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi buah firinaIlustrasi buah

KOMPAS.com - Konsumsi sumber serat alami seperti buah dan sayuran terbukti dapat menjaga kesehatan tetap prima.

Seperti dilansir NHS, untuk mendapatkan manfaat buah secara optimal, Anda perlu mengonsumsinya dalam jumlah cukup banyak.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Anda perlu makan lima porsi atau 400 gram buah dan sayur setiap hari untuk mencegah penyakit kronis.

Baca juga: 10 Buah-buahan yang Mengandung Vitamin E

Lantas, sebenarnya apa manfaat kita makan buah setiap hari dalam jumlah yang cukup banyak?

1. Menjaga kesehatan jantung

Melansir laman Harvard School of Public Health, sejumlah studi meneliti kebiasaan makan banyak buah dan sayur.

Hasilnya, risiko orang meninggal dunia karena penyakit jantung turun empat persen untuk setiap penambahan satu porsi sayur dan buah per hari.

Studi lain mengamati kebiasaan 110.000 pria dan wanita yang menjalani diet sehat dan banyak doyan makan buah serta sayur.

Baca juga: 7 Buah untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kelompok yang makan delapan porsi buah dan sayur per hari risikonya menderita penyakit jantung dan stroke bisa turun sampai 30 persen.

Sedangkan kelompok yang makan buah dan sayur lima porsi per hari, risikonya menderita penyakit jantung dan stroke bisa turun sampai 20 persen.

Kendati semua buah bisa mendatangkan manfaat kesehatan, namun buah yang paling berkontribusi untu jantung adalah jenis jeruk-jerukan seperti lemon, jeruk manis, limau, dan jeruk bali.

Baca juga: 10 Daftar Buah dan Sayur dengan Kandungan Vitamin C Tertinggi

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X