Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat

Kompas.com - 27/07/2020, 13:33 WIB
Ilustrasi sakit kepala shutterstockIlustrasi sakit kepala

KOMPAS.com - Sakit kepala merupakan hal yang kerap dikeluhkan banyak orang. Kondisi ini sering kali menjadi gejala berbagai jenis penyakit mulai dari yang ringan hingg berat.

Sakit kepala atau pusing biasanya hanya bagian dari meriang atau kondisi tidak enak badan.

Meski begitu, kondisi ini sering mengganggu aktivitas keseharian kita. Bahkan tak jarang membuat beberapa pekerjaan terbengkalai.

Baca juga: Mengapa Penderita Diabetes Sering Sakit Kepala?

Oleh karena itu, bagi banyak orang, meminum obat segera setelah merasakan pusing selalu menjadi pilihan. Namun, tak jarang juga beberapa orang malas mengonsumsi obat.

Kalau sudah begitu, bagaimana cara untuk menghilangkan rasa sakit kepala?

Sebenarnya bukan tidak mungkin menghilangkan sakit kepala tanpa obat. Berikut beberapa cara menghilangkan sakit kepala secara alami dirangkum dari Healthline dan WebMD.

1. Banyak minum air putih

Hidrasi yang cukup mampu untuk membantu meringankan rasa sakit kepala.

Dalam buku Handbook of Clinical Neurology menyebutkan bahwa penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi kronis merupakan penyebab umum sakit kepala akibat otot tegang dan migrain.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Nutrition Review menemukan bahwa minum air putih dapat meringankan gejala sakit kepala pada kebanyakan orang yang mengalami dehidrasi dalam waktu 30 menit hingg tiga jam.

Ini mengapa penting untuk meminum cukup air dan makan makanan yang kaya air demi memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X