Gejala TB Kelenjar

Kompas.com - 09/08/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Tuberkulosis atau juga kerap disingkat dengan TB merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan masalah kesehatan terbesar kedua di dunia.

Kabar buruknya, penyakit ini juga cukup banyak menginfeksi orang Indonesia. Bahkan, TB disebut sebagai infeksi penyebab kematian nomor satu di tanah air.

Tuberkulosis sendiri adalah penyakit akibat infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Baca juga: Benjolan di Leher Bisa Jadi Tanda Penyakit Tuberkulosis (TB)

Umumnya bakteri ini menyerang paru-paru.

Namun, tidak menutup kemungkinan bakteri ini bisa menyerang bagian tubuh lainnya. Salah satunya kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening sendiri adalah sebuah sistem jaringan yang terletak di leher, ketiak, dan selangkangan.

Fungsinya antara lain menjaga kekebalan tubuh manusia. Dilansir dari Hello Sehat, jika bagian ini mengalami infeksi maka berisiko terjadi pembengkakan atau munculnya benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan.

Tak hanya muncul benjolan, kekebalan tubuh juga akan melemah cukup drastis akibat infeksi yang terjadi di kelenjar getah bening.

Meski disebabkan oleh bakteri yang sama, TB kelenjar berbeda dengan TB paru.

Selama ini kita mengenal TB paru sebagai penyakit yang ditularkan melalui udara. Tapi berbeda halnya dengan TB kelenjar.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X