Kompas.com - 07/12/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi bubur dengan topping ayam suwir. SHUTTERSTOCK/MSPTIlustrasi bubur dengan topping ayam suwir.

KOMPAS.com - Demam tifoid atau tipes adalah penyakit infeksi bakteri serius karena masalah sanitasi yang buruk.

Kuman penyebab tipus adalah bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini dapat hidup di kotoran buang air besar dan kecil manusia.

Penderita bisa terinfeksi tipus ketika mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri biang penyakit.

Saat bakteri masuk ke tubuh, kuman ini akan berkembang biak, menyebar ke aliran darah, dan memicu serangkaian gejala tipes.

Baca juga: Gejala Tipes di Tahap Awal dan Lanjut

Melansir Kids’sHealth, gejala tipes yang utama adalah demam tinggi, sakit perut, diare atau sembelit, dan rasa tidak enak badan.

Tanda-tanda tipes ini muncul selang satu sampai dua minggu setelah penderita terpapar bakteri Salmonella typhi.

Apabila infeksi tidak segera diobati, berat badan penderita bisa merosot, perut bengkak, serta muncul ruam di bawah dada atau perut atas.

Tanda pengobatan medis yang tepat, penyakit tipes bisa berlangsung lebih dari sebulan sampai mengancam jiwa.

Demam tifoid bisa diobati dengan antibiotik yang diresepkan dokter. Setelah dua sampai tiga hari menjalani pengobatan, penderita bisa mulai merasakan kondisi kesehatannya membaik.

Selama masa penyembuhan, penderita tipes perlu ditunjang dengan pola makan yang tepat. Berikut makanan untuk penderita tipes dan pantangannya.

Baca juga: Apa Penyebab Penyakit Tipes?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X