Kompas.com - 15/07/2021, 19:31 WIB
Ilustrasi sakit kepala g-stockstudioIlustrasi sakit kepala

KOMPAS.com - Sakit kepala adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan dan terasa sangat mengganggu.

Ada beberapa macam sakit kepala yang biasa menyerang. Yakni sakit kepala karena ketegangan, migrain, klaster yang muncul di belakang mata, dan sinus yang sampai menimbulkan tekanan di dahi sampai pipi.

Serangan sakit kepala acapkali muncul tiba-tiba tanpa bisa diprediksi. Terkadang, sejumlah orang sampai dibuat kelimpungan ketika sakit kepala datang dan stok obat di rumah tidak tersedia.

Baca juga: Penyebab Sakit Kepala Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Namun, Anda jangan khawatir. Berikut ada beberapa obat sakit kepala alami yang bisa dijajal di rumah:

1. Gunakan kompres dingin atau panas

Melansir Insider, untuk migrain atau tipe sakit kepala yang menjalar dari satu area dan menyebar ke area lain, gunakan kompres dingin sebagai obat sakit kepala alami.

Anda tinggal menyiapkan es batu yang dibalut handuk kecil atau lap bersih kecil sebagai kompres. Setelah itu, tempelkan kompres dingin ke bagian kepala yang tidak nyaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suhu dingin menghasilkan efek mati rasa yang dapat mengurangi rasa sakir. Selain itu, suhu dingin juga dari kompres dingin juga bisa menyempitkan pembuluh darah dan membantu meredakan migrain.

Sedangkan kompres panas atau hangat lebih cocok digunakan sebagai obat sakit kepala alami jenis ketegangan.

Sakit kepala karena stres atau otot leher dan bahu kaku ini biasanya ditandai dengan nyeri tumpul, sakit, dan rasa tak nyaman di dahi.

2. Minyak atsiri

Dilansir dari Healthline, minyak atsiri atau minyak esensial lavender dan peppermint bisa membantu menghilangkan sakit kepala jenis ketegangan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X