Kompas.com - 15/07/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi telur Unsplash/Taisiia ShestopalIlustrasi telur

KOMPAS.com – Ada beberapa makanan yang diyakini baik dikonsumsi untuk mendukung penyembuhan penyakit atau dampak operasi.

Secara umum makanan yang memiliki khasiat ini, yakni terdiri dari buah-buahan, sayuran, sumber lemak sehat, dan sumber protein.

Makanan tersebut terbukti dapat mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan penyembuhan, dan menyediakan bahan bakar yang diperlukan untuk proses pemulihan.

Baca juga: Berapa Lama Anosmia Akibat Covid-19 Bisa Sembuh?

Berikut ini adalah detail makanan untuk mendukung pemulihan penyakit yang bisa dipertimbangkan:

1. Sayuran berdaun hijau

Dilansir dari Health Line, sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, arugula, sawi, dan lobak Swiss dikemas dengan nutrisi yang dapat mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan meningkatkan penyembuhan luka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh sebab itu, makanan ini dinilai baik dikonsumsi untuk mendorong pemulihan.

Sayuran hijau terbukti kaya akan vitamin C, mangan, magnesium, folat, dan provitamin A, yang semuanya penting untuk fungsi kekebalan dan kesehatan secara keseluruhan.

Sayuran hijau juga kaya akan antioksidan polifenol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan mendukung kekebalan yang kuat.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa polifenol tertentu, termasuk quercetin antioksidan yang terkonsentrasi pada sayuran berdaun hijau, dapat membantu menekan produksi protein inflamasi seperti TNF-alpha.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X