Kompas.com - 23/07/2021, 13:31 WIB

KOMPAS.com - Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah total kasus Covid-19 telah melampaui 190 juta secara global, dengan jumlah kematian mencapai 4 juta.

Seiring berkembangnya pandemi Covid-19, infeksi SARS-CoV-2 juga dapat menyebabkan penyakit yang berkepanjangan pada beberapa orang.

Sebagian besar individu dengan Covid-19 mengalami gejala ringan hingga sedang dan pulih dalam 2-3 minggu setelah timbulnya gejala.

Namun, sebagian individu cenderung mengalami gejala persisten lebih dari 4 minggu setelah terkena Covid-19.

Melansir dari Medical News Today, individu dengan kondisi ini dapat mengalami penyakit yang berkepanjangan, terlepas dari keparahan gejala selama fase akut infeksi.

Meskipun presentasi gejala bervariasi di antara mereka dengan bentuk penyakit ini, gejala umum dari long Covid-19 meliputi kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, dan depresi.

Baca juga: Jumlah Anak Positif Covid-19 Tinggi, Apa yang Harus Orangtua Lakukan?

Sekitar 1 dari 5 orang cenderung mengalami gejala long Covid-19 setelah 5 minggu.

Selain itu, gejala ini bertahan lebih dari 12 minggu pada sekitar 10 persen dari semua orang dengan infeksi SARS-CoV-2.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Birmingham, Inggris menganalisis 27 studi tentang long Covid-19 untuk menggambarkan gejala long Covid-19 yang paling umum dan mencari tahu mengenai prediktor awal.

Para peneliti juga meninjau literatur untuk mengidentifikasi komplikasi yang terkait dengan long Covid-19 dan praktik manajemen perawatannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.