Kompas.com - 29/08/2021, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Hernia adalah bukaan tak normal pada otot atau jaringan yang membuat sejumlah bagian dalam tubuh teraba menonjol keluar.

Terkadang Anda dapat melihat jelas tonjolan hernia di bawah kulit. Terutama saat penderita membungkuk atau mengangkat benda berat.

Hernia biasanya muncul di beberapa bagian tubuh seperti perut, area selangkangan, dekat pusar, atau bagian tubuh lainnya.

Sebelum menyimak ulasan gejala hernia, kenali dulu beberapa jenis masalah kesehatan ini.

Baca juga: Apa Penyebab Hernia?

Jenis hernia

Melansir Family Doctor, terdapat beberapa jenis hernia. Hernia inguinalis jamak muncul di selangkangan dan lebih kerap menyerang pria.

Sedangkan hernia femoralis yang muncul di paha atas dekat selangkangan lebih sering diderita wanita.

Perut adalah lokasi hernia paling sering muncul. Jika hernia ini terjadi di garis tengah perut, masalah kesehatan ini dikenal dengan hernia ventral.

Jika hernia terjadi di lokasi bekas luka bedah sebelumnya, masalah kesehatan ini dikenal dengan hernia insisional. Hernia umbilikalis muncul di dekat pusar dan lebih sering ditemukan pada bayi.

Sementara itu, hernia hiatus yang biasanya muncul di perut bagian atas atau dinding dada kerap menyebabkan asam lambung naik.

Baca juga: Hernia Pada Bayi: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

Gejala hernia

Melansir WebMD, gejala hernia tergantung dengan jenisnya. Untuk jenis hernia inguinalis, femoralis, umbilikal, insisional, dan hiatus gejalanya antara lain:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.