Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2021, 07:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Pada musim hujan, risiko terkena infeksi dan penyakit lebih tinggi karena meningkatnya kelembaban udara dan menurunnya daya tahan tubuh.

Udara menjadi lebih dingin yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan menurun. Selain itu, banyak virus dan bakteri berkembang biak dan menginfeksi manusia di musim hujan.

Penyakit umum yang sering terjadi saat musim hujan antara lain:

  • Batuk dan pilek
  • Influenza
  • demam tifoid
  • Leptospirosis
  • Kutu Air
  • Scabies
  • Kolera.

Masih banyak penyakit yang mengintai selama musim hujan. Karena itu, kita harus menjaga kondisi kesehatan sebaik mungkin.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Kerak di Kulit Kepala secara Alami dan Pakai Obat

Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Agar kita tidak mudah jatuh sakit sata musim hujan, berikut tipsnya:

1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi mencegah berbagai penyakit saat musim hujan. Salah satu cara untuk mencegah penyakit di musim hujan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Sebaiknya hindari terlalu sering mengonsumsi junk food. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Jaga asupan cairan tubuh

Cara paling sederhana untuk mencegah penyakit saat musim hujan adalah dengan mengonsumsi cairan yang cukup.

Tetap terhidrasi membuat tubuh terhindar dari flu. Kita juga disarankan untuk mengonsumsi makanan hangat agar tubuh lebih rileks.

Selain itu, Anda juga bisa minum jus atau mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka atau mangga.

3. Konsumsi vitamin C

Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin C. Selain itu, Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari buah-buahan misalnya jeruk atau strawberry.

Dengan mengonsumsi vitamin C secara teratur, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi vitamin C juga mencegah penyakit umum saat musim hujan seperti batuk dan flu.

4. Jaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan dapat mencegah penyakit pada musim hujan. Saat musim hujan tiba, akan banyak genangan air.

Jika genangan air tidak cukup bersih, maka akan menjadi sarang nyamuk termasuk nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah.

Oleh karena itu, selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar Anda.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Kerak di Kulit Kepala secara Alami dan Pakai Obat

5. Gunakan masker

Salah satu cara untuk mencegah penyakit umum saat musim hujan adalah dengan menggunakan masker saat berada di ruang publik.

Ruang publik biasanya menjadi sarang penyakit menular seperti flu dan batuk. Dengan menggunakan masker, Anda dapat mencegah penularan penyakit.

6. Cuci tangan

Dengan menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara paling sederhana untuk mencegah penyakit umum selama musim hujan.

Cara termudah adalah dengan mencuci tangan secara teratur. Anda harus mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun ke seluruh bagian tangan, termasuk kuku, sela-sela jari, dan punggung tangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com