Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2021, 11:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Lavender seringkali dijadikan sebagai bahan tambahan pada parfum, minyak aroma terapi, teh dan sejenisnya.

Lavender memang memiliki aroma khas. Bahkan, spesialis pengobatan integratif Yufang Ling berkata bahwa lavender juga memiliki manfaat kesehatan.

Menurut Yufang senyawa kimia di dalam lavender memiliki banyak dampak positif untuk tubuh Anda.

"Salah satu senyawa dalam lavender adalah flavonoid. Senyawa tersebut memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan," ucap dia.

Lavender juga mengandung senyawa linalool yang terbukti mampu mengurangi kecemasan dan tekanan darah.

Baca juga: 7 Gangguan Tumbuh Kembang Anak yang Perlu Diwaspadai

Manfaat lavender

Lavender bukan sekadar memberikan aroma yang menenangkan. Namun, lavender memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut berbagai manfaat kesehatan lavender:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Riset 2017 yang diterbitkan dalam British Association of Critical Nurses menunjukan bahwa minyak esensial lavender menjadi obat yang efektif dalam meningkatkan kualitas tidur pasien unit perawatan intensif (ICU) yang mengalami kesulitan tidur.

Jika Anda merasa sulit tidur di malam hari, Anda bisa mencoba mengoleskan minyak esensial lavender di bantal yang Anda gunakan agar bisa tidur dengan nyenyak.

2. Mengurangi Tekanan Darah dan Detak Jantung

Tekanan darah tinggi kronis dapat menambah tekanan pada jantung dan memicu berbagai komplikasi seperti stroke dan serangan jantung.

Kabar baiknya, riset 2017 yang diterbitkan dalam he Iranian Journal of Pharmaceutical Research juga menyebutkan bahwa penggunaan minyak esensial lavender mampu mengurangi tekanan darah dan detak jantung.

3. Meredakan gejala asma

Levender memiliki efek anti inflamasi yang mampu meredakan gejala asma bronkial.

Riset 2014 dalam jurnal Life Sciences juga membuktikan hal tersebut.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan berhasil membuktikan bahwa minyak esensial lavender memiliki dampak positif pada kesehatan pernapasan, meredakan peradangan alergi dan hiperplasia lendir.

Baca juga: Kista Epidermoid

4. Menghambat pertumbuhan jamur

Lavender memiliki sifat antijamur. Selain itu, banyak studi yang membuktikan bahwa minyak esensial lavender efektif menghambat pertumbuhan jenis jamur tertentu, seperti C. albicans.

Minyak esensial lavender juga bermandaat sebagai obat untuk mengobati kaki atlet dan kurap, yang juga disebabkan oleh jamur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com