Kompas.com - 15/04/2022, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Sepanjang kehamilan, ibu hamil bakal merasakan perubahan pada beberapa tubuhnya, tak terkecuali bagian payudara.

Payudara saat hamil akan terasa sakit, bengkak, geli, gatal, tidak nyaman, atau lebih sensitif ketimbang biasanya.

Kondisi ini secara alami dipengaruhi perubahan hormon tubuh ibu hamil, untuk mempersiapkan kehadiran buah hati.

 Baca juga: Payudara Sakit saat Hamil Muda, Normalkah?

Perubahan payudara saat hamil

Dilansir dari American Pregnancy Association, terdapat beberapa perubahan payudara sepanjang kehamilan dari minggu awal kehamilan sampai trimester akhir, yakni:

  • Ukuran membesar

Di trimester awal kehamilan, payudara akan tumbuh membesar. Kondisi ini membuat payudara terasa sakit dan gatal karena kulit jadi turut meregang.

Payudara sakit dan gatal karena ukurannya membesar saat hamil ini biasanya muncul di minggu keenam sampai kedelapan kehamilan. Pertumbuhan ukuran payudara ini bisa membuat ukuran bra naik satu sampai dua tingkat.

  • Lebih empuk dan sensitif

Seiring tumbuh atau membesarnya ukuran payudara, ibu hamil bakal merasakan payudaranya lebih empuk dan sensitif saat disentuh.

  • Puting dan kulit sekitar puting jadi lebih gelap

Perubahan hormon selama kehamilan juga memengaruhi pigmentasi kulit. Akibatnya, puting dan area sekitarnya (areola) jadi terlihat lebih gelap.

Baca juga: Perbedaan Nyeri Payudara Haid dan Hamil

  • Vena di payudara terlihat lebih gelap

Tak hanya puting, pembuluh darah vena di payudara juga bakal terlihat lebih gelap dan kentara saat hamil. Kondisi ini dipengaruhi peningkatan pasokan darah ke bagian payudara.

  • Keluar cairan kental kekuningan

Pada trimester ketiga kehamilan, payudara ibu hamil umumnya akan mengeluarkan cairan kental kekuningan yang disebut kolostrum.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.