Kompas.com - 16/04/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Saat kita mengalami trauma, semua hal yang mengingatkan kita pada hal buruk tersebut akan selalu menghantui.

Pada akhirnya, trauma tersebut akan membuat kita sulit beraktivitas.

Trauma terkadang bisa terjadi bukan hanya karena peristiwa besar. Hal kecil pun bisa meninggalkan bekas luka yang mendalam.

Mekanisme trauma

Ketika Anda mengalami trauma, mungkin sulit untuk menentukan apa yang Anda rasakan.

Hal tersebut juga membuat tubuh dan otak sulit memahami semuanya. Akibatnya, otot-otot Anda tegang dan otak Anda mungkin mengalami kelelahan karena Anda terus-menerus berusaha melindungi diri sendiri.

Trauma kadang terjadi tanpa kita sadari. Kemudian, pada titik tertentu, Anda menyadari bahwa Anda merasa tidak baik-baik saja tanpa tahu penyebabnya.

Saat Anda mengalami trauma, jalur yang terhubung di otak Anda bisa terputus.

Jadi, ketika orang pergi ke terapis dan mereka mencoba membicarakan apa yang terjadi, mereka benar-benar tidak dapat menemukan penyebabnya. Hal itu bagian dari respons trauma.

Baca juga: 6 Gejala Takikardia, Tak Hanya Detak Jantung Cepat

Mengatasi trauma

Untuk sembuh dari trauma psikologis dan emosional, Anda harus menyelesaikan perasaan dan ingatan tidak menyenangkan yang telah lama Anda hindari.

Dengan kata lain, Anda harus melepaskan energi dari respon stres yang terpendam, belajar mengatur emosi dan membangun kembali kemampuan Anda untuk mempercayai orang lain,

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.