Kompas.com - 31/05/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Anak susah makan adalah kondisi yang banyak dikeluhkan oleh orangtua. Meski kondisi ini cukup umum, tapi tak bisa dipungkiri anak yang menolak makan membuat orang frustrasi hingga terpancing emosi.

Bahkan tak jarang, beberapa orang tua (khususnya ibu) sering mengibaratkan bahwa separuh masalah ibu terangkat ketika melihat anak mau makan.

Bagaimana tidak, kerap kali, seorang ibu telah berusaha mencari resep makanan menarik hingga berkutat berjam-jam di dapur untuk membuat suatu makanan yang ketika disajikan langsung ditolak mentah-mentah oleh buah hati.

Baca juga: Anak Susah Makan Bikin Gizi Buruk, Atasi dengan 7 Cara Berikut

Hal ini tentu membuat ibu khawatir tentang kebutuhan nutrisi si kecil yang tidak terpenuhi. Ketika kebutuhan gizi anak tidak terpenuhi ditakutkan akan membuat tumbuh kembang buah hati menjadi tidak optimal.

Kekhawatiran-kekhawatiran inilah yang membuat penelusuran mesin pencari dipenuhi hal-hal seperti solusi anak susah makan, mengapa anak usia tertentu menolak makan, bagaimana agar anak makan lahap, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi anak susah makan?

Untuk mendapat mendapatkan cara yang tepat mengatasi anak susah makan, kita perlu mengenali terlebih dahulu penyebab dari kondisi ini.

Penyebab anak susah makan

Anda perlu melihat apakah ada masalah pada proses makan pada anak. Apakah anak mengalami kesulitan mengunyah atau menelan.
Bisa jadi juga anak sering tersedak sehingga membuatnya tidak mau makan.

Selain itu, Anda perlu melihat bagaimana kondisi anak ketika waktu makan.

Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana suasana hati anak pada jam makan. Coba perhatikan apakah anak sedang tidak enak badan, sedang melakukan aktivitas tertentu yang menyita perhatian, atau malah sedang bosan dan suka pada jenis makanan tertentu.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.