Kompas.com - 30/05/2022, 17:01 WIB

KOMPAS.com - Cuaca tak menentu yang terkadang sangat panas sepanjang hari, tiba-tiba hujan deras, angin kencang, kemudian dingin membuat sebagian orang gampang sakit.

Terutama jika daya tahan tubuh sedang menurun atau kurang prima. Kondisi ini bisa membuat orang rentan terkena infeksi, batuk, pilek, asma, alergi kumat, dan sebagainya.

Dilansir dari laman resmi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, cuaca tak menentu bisa membuat tubuh kerepotan menyesuaikan diri dengan perubahan suhu dalam waktu cepat.

Baca juga: 8 Dampak Perubahan Iklim terhadap Kesehatan

Selain itu, perubahan cuaca tiba-tiba bisa menurunkan kualitas udara yang dihirup sehari-hari. Ketika cuaca kering dan panas, kondisi udara jadi cenderung berdebu dan kotor.

Sementara ketika hujan turun tiba-tiba setelah cuaca panas, air jadi rentan menjadi tempat berbiak mikroorganisme jahat.

Agar tak gampang sakit saat cuaca tak menentu, simak beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh berikut ini.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh

Terdapat sederet cara meningkatkan daya tahan tubuh di tengah kondisi cuaca tidak menentu. Berikut beberapa di antaranya:

  • Tidur yang cukup

Dilansir dari Healthline, tidur berkualitas dengan kuantitas yang cukup setiap malam penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Lamanya waktu tidur berkualitas yang baik untuk orang dewasa yakni tujuh jam di malam hari, remaja butuh sekitar delapan sampai 10 jam, sedangkan bayi dan anak-anak perlu 14 jam.

Upayakan untuk tidur cukup setiap malam. Caranya dengan membuat kamar tidur senyaman mugkin, tidur dengan kondisi kamar gelap, tidak mengakses gawai minimal satu jam sebelum tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.