Kompas.com - 19/07/2022, 12:00 WIB

Kompas.com - Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang wajib untuk digunakan ketika Anda ingin bepergian ke tempat umum.

Aplikasi ini akan membantu dalam mendeteksi apakah seseorang pernah melakukan vaksinasi dan terbebas dari Covid-19 atau tidak.

Pengguna aplikasi ini hanya akan diminta untuk melakukan scan barcode ketika akan memasuki suatu tempat dan ada indikator warna yang akan muncul di aplikasi tersebut.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Vaksin Booster?

Indikator Warna di PeduliLindungi

Setelah melakukan scan barcode di tempat yang akan didatangi, biasanya pengguna Aplikasi PeduliLindungi akan melihat indikator warna yang menunjukkan apakah pengguna bisa memasuki tempat tersebut atau tidak.

Melansir Kemenkes, ada empat warna berbeda yang akan muncul di jendela aplikasi, yaitu warna hijau, kuning, merah, dan juga hitam.

  • Indikator Hijau

Indikator warna hijau yang muncul di aplikasi PeduliLindungi berarti bahwa pengguna merupakan golongan yang bisa bepergian ke tempat umum tanpa ada banyak hambatan.

Pengguna yang mendapatkan indikator warna hijau sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu pengguna dengan usia lebih dari 18 tahun dan pengguna dengan rentang usia 6 hingga 17 tahun.

  1. Sudah melakukan vaksinasi dosis lanjutan atau booster serta vaksinasi lengkap.
  2. Memiliki hasil tes antigen atau PCR dengan hasil negatif.
  3. Bukan merupakan pasien Covid-19 atau kontak erat dengan penderita.
  4. Sudah melakukan vaksinasi lengkap dan sudah sembuh dari Covid-19 dalam kurun waktu kurang dari 90 hari.

Baca juga: Omicron Subvarian BA.4 dan BA.5: Apakah Vaksin Covid-19 Jadi Tak Berguna?

  • Indikator Kuning

Jika pengguna mendapatkan indikator warna kuning di aplikasi PeduliLindungi, pengguna masih bisa bepergian ke tempat umum, namun ada regulasi khusus yang perlu diikuti.

Regulasi tersebut mengikuti regulasi yang berlaku di masing-masing daerah di mana tempat umum tersebut berada.

Sama seperti indikator warna hijau, pengguna yang mendapatkan indikator warna kuning dibagi menjadi pengguna dengan usia lebih dari 18 tahun dan 6 hingga 17 tahun.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.