Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Terapi Air dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kompas.com - 24/07/2022, 16:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Terapi air atau yang biasa juga dikenal sebagai hydrotherapy adalah jenis terapi yang menggunakan medium air untuk meningkatkan kesehatan.

Ada banyak sekali jenis terapi air yang bisa dicoba, mulai dari menggunakan air dingin, menggunakan air panas, hingga menggunakan tekanan air.

Masing-masing jenis terapi air memiliki kegunaan yang berbeda dan diklaim ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari terapi air tersebut, mulai dari mengatasi masalah kulit hingga masalah kesehatan kronis.

Baca juga: Antara Air Dingin atau Air Hangat, Mana yang Baik untuk Kesehatan?

Namun, sebelum melakukan salah satu jenis terapi air, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sehingga bisa menentukan jenis terapi air mana yang paling tepat.

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang perlu untuk melakukan terapi air. Bahkan, dokter juga akan menyarankan jenis terapi ini tergantung dari masalah kesehatan yang dialami oleh pasien tersebut.

1. Memperbaiki kesehatan mental

Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan mental akan disarankan untuk melakukan terapi air karena terapi air ternyata bisa meningkatkan suasana hati, baik untuk pria dan wanita.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika, terapi air ini sangat disarankan untuk pengidap fibromyalgia karena bisa mengurangi kecemasan dan depresi.

Tidak hanya itu saja, terapi air juga berguna untuk meningkatkan suasana hati.

Wanita yang sedang hamil juga sangat disarankan untuk melakukan terapi air karena menurut Healthline, wanita hamit mengalami perubahan suasana hati atau mood swing sehingga terapi air bisa membantu.

Baca juga: Benarkah Air Dingin Berdampak Buruk bagi Kesehatan?

2. Mengurangi Rasa Sakit

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli dari German Sport University Colognepada tahun 2008, ditemukan bahwa terapi air juga memiliki manfaat untuk mengurangi rasa sakit karena air memiliki karakter untuk mengurangi tekanan sendi.

Penelitian juga dilakukan oleh peneliti dari Jepang mengenai manfaat dari terapi air untuk mengurangi rasa sakit. 

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa terapi air memberikan manfaat yang signifikan untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesehatan, terutama yang berkaitan dengan syaraf dan otot.

Terapi air yang menggunakan air panas juga bermanfaat untuk melemaskan otot-otot, memperlancar aliran darah, dan mengurangi rasa sakit di area yang diinginkan.

Baca juga: 6 Manfaat Mandi dengan Air Dingin yang Jarang Diketahui

3. Menyembuhkan Radang Sendi

Radang sendi atau arthritis juga bisa mengambil manfaat dari terapi air.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Rehabilitation pada tahun 2018, ditemukan bahwa pasien dengan osteoarthritis atau pengapuran sendi di bagian lutut mengalami penurunan rasa sakit dan peningkatan fungsi otot setelah 8 minggu melakukan terapi air.

Penelitian dari India yang diterbitkan di Internation Journal of Rheumatic Diseases pada tahun 2017 juga menunjukkan bahwa pasien rematik mengalami perkembangan yang signifikan ketika melakukan terapi air sambil melanjutkan pengobatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com