Kompas.com - 06/02/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan, tetapi ada beberapa perdebatan tentang suhu terbaik untuk air ketika orang meminumnya.

Mengonsumsi air yang cukup setiap hari sangat penting untuk mendukung semua fungsi tubuh, termasuk pencernaan dan metabolisme, membuang limbah, menjaga suhu tubuh normal, dan menjaga kesehatan organ dan jaringan.

Meski demikian, ada beberapa orang percaya bahwa minum air dingin dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Namun, benarkah anggapan demikian?

Dilansir dari Medical News Today, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum air dingin tidak berdampak buruk bagi kesehatan seseorang.

Minum air dingin malah memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Apakah Air Kelapa Bisa Menurunkan Demam?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum air dingin selama berolahraga dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan seseorang.

Misalnya, studi tahun 2012 yang melibatkan 45 laki-laki sehat secara fisik menemukan bahwa minum air dingin selama olahraga secara signifikan mengurangi kenaikan suhu inti tubuh dibandingkan dengan minum air suhu normal, yakni 16 derajat Celcius.

Studi lain yang terbit pada tahun 2014 menyelidiki efek dari minuman yang berbeda pada kinerja 12 atlet pria terlatih di iklim tropis yang bersepeda.

Para peneliti melaporkan bahwa minum air es lebih baik untuk kinerja daripada minum air pada suhu netral.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.