Salin Artikel

Mengenal Terapi Air dan Manfaatnya untuk Kesehatan

KOMPAS.com - Terapi air atau yang biasa juga dikenal sebagai hydrotherapy adalah jenis terapi yang menggunakan medium air untuk meningkatkan kesehatan.

Ada banyak sekali jenis terapi air yang bisa dicoba, mulai dari menggunakan air dingin, menggunakan air panas, hingga menggunakan tekanan air.

Masing-masing jenis terapi air memiliki kegunaan yang berbeda dan diklaim ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari terapi air tersebut, mulai dari mengatasi masalah kulit hingga masalah kesehatan kronis.

Namun, sebelum melakukan salah satu jenis terapi air, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sehingga bisa menentukan jenis terapi air mana yang paling tepat.

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang perlu untuk melakukan terapi air. Bahkan, dokter juga akan menyarankan jenis terapi ini tergantung dari masalah kesehatan yang dialami oleh pasien tersebut.

1. Memperbaiki kesehatan mental

Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan mental akan disarankan untuk melakukan terapi air karena terapi air ternyata bisa meningkatkan suasana hati, baik untuk pria dan wanita.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika, terapi air ini sangat disarankan untuk pengidap fibromyalgia karena bisa mengurangi kecemasan dan depresi.

Tidak hanya itu saja, terapi air juga berguna untuk meningkatkan suasana hati.

Wanita yang sedang hamil juga sangat disarankan untuk melakukan terapi air karena menurut Healthline, wanita hamit mengalami perubahan suasana hati atau mood swing sehingga terapi air bisa membantu.

2. Mengurangi Rasa Sakit

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli dari German Sport University Colognepada tahun 2008, ditemukan bahwa terapi air juga memiliki manfaat untuk mengurangi rasa sakit karena air memiliki karakter untuk mengurangi tekanan sendi.

Penelitian juga dilakukan oleh peneliti dari Jepang mengenai manfaat dari terapi air untuk mengurangi rasa sakit. 

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa terapi air memberikan manfaat yang signifikan untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesehatan, terutama yang berkaitan dengan syaraf dan otot.

Terapi air yang menggunakan air panas juga bermanfaat untuk melemaskan otot-otot, memperlancar aliran darah, dan mengurangi rasa sakit di area yang diinginkan.

3. Menyembuhkan Radang Sendi

Radang sendi atau arthritis juga bisa mengambil manfaat dari terapi air.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Rehabilitation pada tahun 2018, ditemukan bahwa pasien dengan osteoarthritis atau pengapuran sendi di bagian lutut mengalami penurunan rasa sakit dan peningkatan fungsi otot setelah 8 minggu melakukan terapi air.

Penelitian dari India yang diterbitkan di Internation Journal of Rheumatic Diseases pada tahun 2017 juga menunjukkan bahwa pasien rematik mengalami perkembangan yang signifikan ketika melakukan terapi air sambil melanjutkan pengobatan.

https://health.kompas.com/read/2022/07/24/160000468/mengenal-terapi-air-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.